border="0"

Bupati Amirudin Mendukung Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 Aman Dan Kondusif.

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO hadiri Rakor “Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku di Ballroom Phinisi, Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan,

NOTEZA.ID BANGGAI – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO beserta para pimpinan OPD dan Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) “Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku di Ballroom Phinisi, Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu (26/6/2024).

banner 970x250

Menko Polhulkam Hadi Tjahjanto sebagai keynote speaker dalam rakor tersebut menyampaikan ada lima arahan. Pertama, semua elemen ikut bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan yang kondusif dan terkendali.

“Kedua, meningkatkan koordinasi antara kementerian dan lembaga guna menyukseskan penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Lanjutnya, perlu optimalisasi dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkada serentak agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan.

“Keempat, seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di masyarakat,” jelasnya.

Dan kelima, meningkatkan peningkatan pendidikan politik untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif dan berkualitas.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan setidaknya ada 19 kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan kesiapan penyelenggaraan keamanan, penanganan dan sosialisasi tahapan Pilkada.

“Dengan begitu, diharapkan berbagai permasalahan yang kemungkinan jadi hambatan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak dapat dikoordinasikan, dapat diatasi dan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Untuk BSSN dan Kominfo, Hadi meminta agar ruang digital dijaga tetap demokratis dan tak menimbulkan gangguan kamtibmas serta menjaga stabilitas nasional melalui pendidikan politik & kampanye pemilu damai.

Tidak hanya sampai disitu, Hadi juga menekankan pentingnya peran pemda dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2024. Ia mengimbau agar pemda dapat menjaga situasi aman di daerahnya masing-masing.

Hadirnya Bupati Amirudin bersama para pimpinan OPD dan Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai dalam Rakor ini menunjukkan komitmen yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Banggai untuk mendukung terlaksananya Pilkada Serentak 2024 dengan aman dan kondusif.

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Hadi Tjahjanto dan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Tim Liputan DKISP kabupaten banggai.