border="0"

Pembukaan Resmi O2SN dan FLS2N Tingkat SD di Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2024

Acara pembukaan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD tingkat Kabupaten Parigi Moutong.FOTO : Istimewa

Noteza.id – Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Parigi Moutong secara resmi membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD tingkat Kabupaten Parigi Moutong. Acara pembukaan yang mewakili Pj Bupati Parigi Moutong ini berlangsung di Lapangan Permata Masigi, Kecamatan Parigi.

Dalam sambutannya, SEKDA Parigi Moutong menegaskan pentingnya kegiatan O2SN dan FLS2N sebagai ajang untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang olahraga dan seni. “Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembinaan prestasi talenta secara berkelanjutan dan turut andil dalam mengembangkan karakter peserta didik menuju profil pelajar Pancasila,” ujarnya.

banner 970x250

Beliau menambahkan bahwa penyelenggaraan O2SN dan FLS2N memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengapresiasi kebutuhan non-akademis mereka, khususnya dalam bidang olahraga dan seni. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesehatan jasmani siswa yang pada akhirnya mendukung peningkatan kualitas akademis di sekolah. Dalam konteks yang lebih luas, ajang ini juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet berbakat yang akan dibina dan dikembangkan secara berkelanjutan menjadi atlet daerah, serta diproyeksikan untuk mengikuti ajang olahraga baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional.

Ketua panitia pelaksana, Ibrahim, dalam laporannya menyebutkan bahwa terdapat enam cabang olahraga yang diperlombakan dalam kegiatan ini, yaitu atletik, renang, bulu tangkis, karate, silat, dan senam. Sementara itu, di bidang seni terdapat lima cabang lomba yang diadakan, yakni menyanyi solo, gambar bercerita, seni tari, pantomim, dan kriya anyam.

Ibrahim juga menyampaikan bahwa peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi sekolah dasar perwakilan dari 23 kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong. Jumlah peserta diperkirakan mencapai 276 orang untuk O2SN dan 115 orang untuk FLS2N.

Dengan diadakannya O2SN dan FLS2N ini, diharapkan dapat meningkatkan minat dan prestasi siswa di bidang olahraga dan seni, serta memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan potensi dan karakter siswa-siswi di Kabupaten Parigi Moutong.