banner 970x250

Sulitnya Mencari Pekerjaan Bupati Banggai Buka Job Fair Ke-II Tahun 2024

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO membuka secara resmi acara Job Fair/Pameran Bursa Kerja Tahun 2024,

NOTEZA.ID BANGGAI – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO membuka secara resmi acara Job Fair/Pameran Bursa Kerja Tahun 2024, bertempat di Gedung Graha Pemda Luwuk, pada Jumat (1/3/2024). Job Fair/Pameran Bursa Kerja yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai merupakan salah satu upaya konkret Pemerintah Kabupaten Banggai dalam mendukung pengembangan potensi ekonomi dan lapangan kerja bagi masyarakat.

banner 970x250

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menyampaikan bahwa kegiatan Job Fair Tahun 2024 ini adalah rangkaian yang tidak terpisahkan dari kegiatan penempatan tenaga kerja.

“Dengan mengusung tema ‘DAPATKAN PEKERJAAN UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK’, hal ini merupakan salah sati bentuk upaya mencapai visi pemerintah Kabupaten Banggai yakni Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri, Dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal,” tutur Bupati Amirudin.

Olehnya itu, Bupati Amirudin berharap dengan kegiatan Job Fair 2024 ini dapat mempermudah masyaralat Kabupaten Banggai untuk memperoleh pekerjaan yang lebih cepat.

“Kegiatan ini juga menjadi salah satu aspek pembangunan ketenagakerjaan, secara khusus memfasilitasi pemerintah dalam penempatan kerja bagi para pencari kerja,” jelas Bupati Amirudin.

Lebih lanjut, Bupati Amirudin menegaskan bahwa untuk perusahaan tenaga kerja Pemkab Banggai sudah mempunyai Perda khusus yaitu tenaga kerja apabila ada yang masuk di Kabupaten Banggai, maka prioritas utama adalah Putra-Putri Kabupaten Banggai.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim, SH., MH, mengungkapkan bahwa untuk tahun 2024 ini Job Fair di ikuti oleh 19 Perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Banggai yang bergerak dalam berbagai bidang pekerjaan dengan 386 Lowongan Kerja.

“Bahkan Tahun ini Pameran Bursa Kerja di ikuti oleh salah satu perusahaan yang berasal dari luar Kabupaten Banggai yaitu PT. Sumberdaya Dian Mandiri dari Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara,” tutur Kadis Ernaini.

Pada pelaksanaan Job Fair kali ini, juga akan menampilkan Talk Show berupa penampilan beberapa motivator yang handal selama 3 hari (sesi pagi & sesi sore).

Selain itu, Ernaini juga mengatakan bahwa kali Job Fair 2024 ini berkolaborasi dengan Forum UMKM Kabupaten Banggai untuk bersama-sama dalam kegiatan Job Fair ini dalam menggelar lapak hasil produk/olahan mereka.

Kehadiran Bupati Banggai sebagai pembuka acara, Job Fair ini diharapkan dapat menjadi platform efektif bagi pencari kerja untuk bertemu dengan peluang-peluang kerja yang tersedia.

Dengan diadakannya Job Fair ini, diharapkan dapat meminimalisir tingkat pengangguran di Kabupaten Banggai serta memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Para peserta Job Fair juga memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan pelatihan dan seminar yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing mereka di Bursa pencari kerja.