border="0"

Benny Mamoto Buka Rapimnas SMSI 2023, Harapkan Keputusan Strategis Untuk Pemilu Damai

Rapimnas Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) 2023 resmi dibuka oleh Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Dr. Benny Josua Mamoto. FOTO : Istimewa

Noteza.id – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) 2023 resmi dibuka oleh Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Dr. Benny Josua Mamoto di Ballroom Hotel Jayakarta, Jakarta, pada Sabtu (28/10/2023). Acara ini menjadi forum penting bagi perwakilan media di Indonesia untuk membahas kebijakan-kebijakan strategis, terutama terkait mendukung pemilu damai di tanah air.

Dalam sambutannya, Ketua Umum SMSI, Firdaus, menggambarkan Rapimnas sebagai kelanjutan dari Rakernas SMSI sebelumnya. Dia menekankan pentingnya keputusan strategis yang akan diambil dalam forum ini untuk mendukung pemilu yang adil dan damai di Indonesia. Salah satu isu utama yang dibahas adalah rencana pemerintah menerbitkan perpres tentang publisher right. Firdaus menyatakan SMSI akan merespons kebijakan ini secara cermat dan membahas proses selanjutnya dalam memastikan keadilan dan keberlanjutan media siber di Indonesia.

banner 970x250

Selain itu, Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengharapkan agar Rapimnas menghasilkan keputusan-keputusan strategis yang akan memperkuat peran SMSI dalam mengawal pemilu damai. Mamoto menekankan pentingnya media dalam menciptakan lingkungan politik yang stabil dan menyuarakan harapannya bahwa SMSI akan mengambil peran aktif dalam mendukung pemilu damai dengan memberikan liputan yang objektif dan adil kepada semua kandidat dan partai politik.

Rapimnas SMSI 2023 juga dihadiri oleh delegasi pengurus daerah SMSI dari 34 provinsi dan kabupaten kota di Indonesia. Para peserta diharapkan dapat bersama-sama menciptakan langkah-langkah konkret untuk mendukung pemilu damai, termasuk melalui advokasi publik, peningkatan kode etik jurnalistik, pelatihan jurnalis, kerjasama dengan lembaga terkait, pemanfaatan teknologi digital, pemantauan pelanggaran, dan penanganan informasi palsu.

Dengan semangat kolaborasi dan kesatuan, SMSI bertekad untuk menjaga integritas pemilu di Indonesia melalui keputusan strategis yang diambil dalam Rapimnas ini, membuktikan komitmen media siber dalam mendukung proses demokrasi yang transparan dan damai di negara ini.