border="0"

BPR-SMA Cabang Luwuk, Bank Sahabat Anak Negeri Diresmikan di Banggai

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, M.M., resmi meresmikan Kantor Cabang Bank Perekonomian Rakyat Sulawesi Mitra Abadi (BPR-SMA). FOTO : Istimewa

Noteza.id – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, M.M., resmi meresmikan Kantor Cabang Bank Perekonomian Rakyat Sulawesi Mitra Abadi (BPR-SMA) dengan semboyan “Bank Sahabat Anak Negeri” di Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai, pada hari Senin, 23 Oktober 2023. Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Komisaris Utama yang juga merupakan Ketua DPD Perbarindo Sulawesi Tengah dan pemegang saham BPR Sulawesi Mitra Abadi, FGWB Tutuhatunewa.

Kehadiran BPR-SMA di Luwuk disambut baik oleh Bupati Amirudin, yang menekankan bahwa perekonomian di wilayah ini sedang mengalami perbaikan signifikan, ditandai dengan penurunan angka pengangguran dan angka kemiskinan serta pertumbuhan ekonomi yang meningkat hingga mencapai 7%. Bupati berharap bahwa dengan kehadiran BPR-SMA, perekonomian Kabupaten Banggai yang sedang berkembang akan semakin terbantu. Ia juga mengingatkan masyarakat agar tidak hanya meminjam uang tetapi juga memanfaatkan layanan menabung yang disediakan oleh BPR-SMA, yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

banner 970x250

Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat, FGWB Tutuhatunewa, menjelaskan tentang perubahan dari Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat sebagai hasil perubahan dalam Undang-Undang P2SK. Tutuhatunewa menekankan bahwa BPR bukan hanya tempat untuk meminjam uang, tetapi juga tempat yang cocok untuk menabung, dan ia berpesan agar BPR lainnya dapat lebih bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam upaya membangun Kabupaten Banggai ke depan.

Sebelum mendapatkan izin dari OJK, PT. BPR Sulawesi Mitra Abadi awalnya mempertimbangkan tiga kabupaten sebagai calon cabang pertama, yaitu Kabupaten Poso, Kabupaten Morowali, dan Kabupaten Banggai. Namun, Kabupaten Banggai dipilih sebagai lokasi pertama untuk Kantor Cabang BPR-SMA.

Acara peresmian Kantor Cabang PT. BPR-SMA Sulawesi Mitra Abadi dilengkapi dengan berbagai kegiatan, termasuk penandatanganan prasasti, peluncuran program kredit usaha super mikro, penyerahan rekomendasi persetujuan penyaluran kredit kepada ASN dan UMKM, penyerahan plakat, pengguntingan pita, serta peninjauan kantor BPR-SMA Cabang Luwuk.

Peresmian ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan pimpinan instansi, termasuk Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Banggai, Pimpinan OPD Kabupaten Banggai, Camat Luwuk Utara, Kepala Desa Boyou, pimpinan perbankan di Kota Luwuk, pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Banggai, staf dan karyawan BPR-SMA Cabang Luwuk, serta para nasabah BPR-SMA, dan undangan lainnya.

Dengan diresmikannya Kantor Cabang BPR-SMA di Luwuk, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banggai. Bank Sahabat Anak Negeri telah hadir untuk menjadi mitra yang mendukung perekonomian lokal dan memberikan berbagai layanan keuangan kepada masyarakat.