border="0"

Wakapolsek Toili Hadiri Simulasi Kesiapsiagaan Bencana di Kabupaten Banggai Tahun 2023

Wakapolsek Toili IPTU Velix Damar menghadiri Gladi Kesiapsiagaan terhadap Bencana di Wilayah Kabupaten Banggai tahun 2023. FOTO : Istimewa

Noteza.id – Wakapolsek Toili IPTU Velix Damar menghadiri Gladi Kesiapsiagaan terhadap Bencana di Wilayah Kabupaten Banggai tahun 2023, di Aula Kantor Camat Toili, Selasa (17/10/2023) pukul 09.00 Wita.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPBD Banggai Mujiono, SH, MH, Kepala Basarnas Banggai Nur Al Kautsar, Camat Toili, Kurnia Chandra, SH, dan Kades/Lurah Se-Kecamatan Toili.

banner 970x250

Dalam sambutan Kepala BPBD Banggai menuturkan kegiatan simulasi bencana ini dilakukan untuk membangun kesiapsiagaan bencana warga masyarakat, agar ketika ada bencana terjadi sudah mengetahui apa yang harus dilakukan.

“Tujuan simulasi ini adalah membiasakan kerja sama dan koordinasi antara pemerintah dan warga. Jadi, ketika terjadi sesuatu yang tentunya tidak kita inginkan, kita semua sudah siap,” ujarnya

Sementara itu, Wakapolsek Toili menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan simulasi siapsiaga bencana ini. Ia juga mengapresiasi semangat peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Seperti inilah SOP yang akan kita terapkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Untuk titik kumpul evakuasi dan tenda darurat penanganan medis juga di sini,” ujar IPTU Velix.

Kegiatan simulasi kebencanaan ini berlangsung dengan lancar dan tertib. Peserta terlihat antusias mengikuti simulasi gempa bumi dengan adanya korban terjebak reruntuhan dan luka-luka sesuai dengan SOP yang diberikan oleh Basarnas Banggai.

“Simulasi kebencanaan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Dengan demikian, diharapkan kerugian akibat bencana dapat diminimalisir,” tandasnya.