banner 970x250

Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Banggai, menggelar Haul Guru Tua Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Haul Guru Tua Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. FOTO : Istimewa

Noteza.id – Haul Guru Tua Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri,Dan perayaan Maulid Nabi Muhammad Swt 1445 H.Kegiatan ini yang di pusatkan di pelataran Masjid Agung An-Nur Luwuk. Minggu,8/10/2023.dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus Cabang Alkhairaat di 13 Kecamatan, Penandatanganan MoU Komda Alkhairaat bersama Kementerian Agama Kabupaten Banggai, Penyerahan Surat Hibah berupa tanah kepada Komda Alkhairaat, serta Launching Wabsite Komda Alkhairaat Kabupaten Banggai.

Turut hadir dikegiatan itu, unsur Forkopimda Banggai, Badan Otonom Alkhairaat, Kakan Kemenag Banggai Drs. Ma’Sum Rumi,MM, Wakil Ketua DPRD Banggai Syamsul Bahri Mang, Ketua Umum Perwis Banggai Hj.Sulianti Murad, Hj.Amalya Murad, Pengcab Alkhairaat di 13 Kecamatan, serta pengurus Majelis Taqlim sekabupaten banggai.

banner 970x250

Agenda Haul Guru Tua diawali pembacaan Manaqib, dilanjutkan sesaat bersama Guru Tua yang disampaikan Ustadz Sofyan Lahilote, serta ceramah haul dan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dibawakan oleh penceramah Nasional Habib Ahmad Bin Alwi Alhabsyi.

Ketua Komda Alkhairaat Kabupaten Banggai Habib Muhammad Alhabsyi ST dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM, dan Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid, S.E, yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan Haul Guru Tua ke 55 yang di gelar di Luwuk Kabupaten Banggai.

“Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh abna’ dan simpatisan Alkhairaat atas partisipasinya dalam kegiatan ini,”ucapnya.

Sementara itu Ketua Umum PB Alkhairaat H. Mohsen Alidrus dalam sambutannya, mengapresiasi Pemda Banggai yang telah mendukung penuh penyelenggaraan Haul Guru Tua ke 55 dan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Komda Alkhairaat Banggai.

Dikatakan, kunjungannya kali ini merupakan kunjungan pertama pasca Muktamar, yang menobatkan dirinya selaku Ketua Umum PB Alkhairaat.

Adapun agenda hari ini kata dia, memiliki nilai membangkitkan spirit perjuangan Nabi besar Muhammad SAW. Begitupun perjuangan Guru Tua. Untuk itu, Alkhairaat tetap konsisten memelihara empat unsur. Yakni, Nilai Keislaman, Nilai Keindonesiaan, Keilmuan, dan Kemanusiaan.

“Dalam Survey, 4 pilar ini wajib dipegang teguh, insya Allah Alkhairaat akan maju dan semakin berkembang,”ujarnya.

Diakhir sambutannya, Ketum PB Alkhairaat berharap kepada Pengurus Cabang yang baru saja dilantik, untuk konsisten membangun organisasi dengan integritas yang dimiliki. Yakni, integritas personal, integritas organisasi, integritas melaksanakan program, serta memiliki semangat transformasi, menyesuaikan dengan era saat ini.

“Saya optimis, jajaran pengurus yang dilantik adalah orang-orang pilihan yang dapat memajukan organisasi Alkhairaat kedepan,”tuturnya.

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin yang diwakili Sekkab Ir.Abdullah Ali dalam penyampaiannya mengapresiasi Komda Alkhairaat Banggai yang telah menggelar Haul Guru Tua dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dijelaskan, perkembangan Alkhairaat saat ini tak lepas dari perjuangan sang pendiri Guru Tua H.S Idrus Bin Salim Aldjufri. Dikenal sebagai sosok penuh inspiratif dan cinta ilmu. Ikhlas mengajarkan murid-muridnya.

“Insya Allah nasehat-nasehat Guru Tua dapat dijadikan pedoman hidup untuk terus berkarya, dan bersinergi membangun masyarakat, bangsa dan negara, khusunya di Kabupaten Banggai,”ujarnya.

“Alhamdulillah juga pada hari ini, digelar Maulid Nabi Muhammad SAW, sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, telah mengutus Nabi sebagai suri teladan. Untuk itu mari kita meneladani nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari,”pungkasnya.

Ketua Utama Alkhairaat Habib Sayyid Alwi Bin Saggaf Aljufri dikesempatan itu menegaskan, kegiatan ini mengandung pesan untuk senantiasa mengingat Allah SWT. Dengan mengingat Allah, akan dikelilingi malaikat, diberikan Rahmat dan ketenangan.

“Hadir ditempat ini merupakan kemuliaan besar. Bagian dari ketaatan kita kepada Allah SWT dan Rasulullah,”jelasnya.

Dikatakan, sebagai hamba, kita memiliki kewajiban untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Mengikuti kebiasaan Rasulullah. Menolong agama Allah melalui syiar-syiar, menghidupkan sekolah-sekolah agama, sehingga ana-anak menjadi generus penerus yang berakhlak baik.

Selain itu sambung ketua utama, sebagai Hamba Allah, diwajibkan untuk mencintai Rasulullah.

“Kehadiran kita disini, sebagai bukti mencintai Rasulullah SAW,”tuturnya.

Kewajiban ketiga kata Ketua Utama adalah, mentakzimi atau memuliakan Rasulullah. Dengan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Sesungguhnya banyak kemuliaan dengan bersalawat kepada nabi. Dengan bersalawat bisa melebur dosa kita. Bersalawat juga memiliki tujuan untuk mendapatkan posisi terdekat dengan Rasulullah. Semoga semua hajat kita dikabulkan Allah SWT,”tutur Ketua Utama sembari memandu Do’a Haul Guru Tua dan Maulid Nabi Muhammad SAW.