border="0"

Festival I Look Boalemo, Upaya Pemulihan Ekonomi Melalui Promosi Wisata

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) turut menari Tari Sa ronde pada pembukaan festival pariwisata “I Look Boalemo” di destinasi wisata Pantai Bolihutuo, Kabupaten Boalemo, Jumat (11/2/2022).
Foto : Diskominfotik Gorontalo

Noteza.id | Gorontalo – Pelaksanaan Festival I Look Boalemo merupakan upaya pemerintah daerah Kabupaten Boalemo yang untuk mempromosikan potensi pariwisata dan sumber daya alam.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Gorontalo, H Idris Rahim, saat membuka kegiatan yang dipusatkan di Pantai Bolihutuo, Kecamatan Botumuito Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

banner 970x250

“Atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Boalemo yang dengan penuh semangat melakukan inovasi dan terobosan untuk mempromosikan potensi pariwisata dan sumber daya alam kepada masyarakat domestik hingga mancanegara,” kata Wagub Idris saat membuka kegiatan Festival I Look Boalemo, Jumat (11/2/2022).

Festival yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Boalemo selama tiga hari, dari tanggal 11 hingga 13 Februari 2022 itu bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata Boalemo sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi, memberikan peluang pasar bagi produk ekonomi kreatif, serta mendorong peningkatan ekonomi dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Selain itu, “I Look Boalemo” yang juga diikuti oleh sejumlah daerah tetangga dari Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, untuk menggagas kerja sama penggunaan pelabuhan Tilamuta dan pemanfaatan tol laut, termasuk juga menjalin kerja sama berbasis komoditi unggulan, dan mendorong pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Teluk Tomini berbasis perdesaan.

Pada kesempatan itu juga, Wagub Idris menerangkan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi pandemi COVID-19 mulai dari membangun sarana dan prasarana kesehatan, memberikan stimulus ekonomi bagi UMKM, hingga melaksanakan program vaksinasi dan protokol kesehatan.

Di samping itu pemerintah juga terus berupaya untuk memulihkan kondisi perekonomian dengan mendorong tumbuh dan bangkitnya berbagai sektor ekonomi, termasuk pariwisata.

Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim saat membuka pelaksanaan Kegiatan Festival I Look Boalemo, Jumat (11/2/2022).
Foto : Diskominfotik Gorontalo.

“Data nasional menunjukkan terjadi penurunan wisatawan dari mancanegara mencapai 75 persen dan wisatawan nusantara sekitar 30 persen. Selain itu, lebih dari dua juta masyarakat kehilangan pekerjaan dari total 34 juta orang yang bergeliat di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Khusus untuk Gorontalo sekitar 31 persen dari total 94 ribu orang,” ungkap Idris.

Oleh karena itu Idris mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama membangun sektor pariwisata. Menurutnya, membangun pariwisata tidaklah mudah. Butuh kerja keras dan kerja cerdas, serta saling berkolaborasi dan bersinergi dari seluruh pihak terkait untuk mewujudkan pariwisata Gorontalo yang lebih mendunia.

“Bukan hanya destinasinya yang dibangun, tetapi juga kebersihan dan kesehatannya. Keamanan juga harus diperhatikan, kuliner, hingga promosi, sehingga secara komprehensif destinasi wisata tersebut siap menerima wisatawan mancanegara dan domestik,” tandas Wagub Idris, dikutip siaran pers Diskominfotik Provinsi Gorontalo, Sabtu (12/2/2022). (BM)