banner 970x250

Ini Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Noteza.id – Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia.

Secara alami, pisang memiliki rasa yang manis. Buah satu ini sering dijadikan makanan pendamping ASI untuk bayi karena rasanya tersebut. Teksturnya yang lunak pun membuat buah pisang cocok dikonsumsi bayi yang sedang belajar makan.

banner 970x250

Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara: dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain. Tapi pisang tidak hanya enak, namun manfaatnya banyak. Berikut manfaat mengkonsumsi pisang bagi kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber.

Sebagai sumber energi

Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di otot serta hati dan digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

Membantu atasi hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah.

Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

Melancarkan pencernaan dan metabolisme

Pisang matang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat buah pisang bagi pencernaan ialah membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit, berkat seratnya.

Ditambah lagi, makan pisang akan meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah.

Sementara pisang yang belum matang merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang ada di usus besar. Mengonsumsinya bisa membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran cerna Anda.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

Melancarkan aliran oksigen ke otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Meremajakan kulit wajah

Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Campuran tersebut juga diduga berkhasiat untuk mengatasi jerawat.

Caranya cukup hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat.

Anda dapat mencampurnya dengan lemon ataupun madu. Diamkan selama 15 – 30 menit, lalu bersihkan menggunakan air bersih dan keringkan wajah. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang. (BM)