border="0"

Akan Dihadiri Sejumlah Tokoh, Ini Daftar Agenda Peringatan HSP di Parigi Moutong

Noteza.id | Parigi Moutong – Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu pimpin rapat persiapan menyambut Hari Sumpah Pemuda (HSP) 28 Oktober 2021 yang rencananya di selenggarakan di dua tempat yaitu di Kecamatan Tinombo dan Kecamatan Parigi. Rapat dilaksanakan di bukit Taman Lagueyas Tinombo, Kamis (14/10/2021).

Bupati Parigi Moutong mengatakan, para Menteri berkesempatan hadir nanti pada tanggal 30 Oktober 2021 dan khusus Menteri Pemuda dan Olahraga direncanakan akan meresmikan beberapa fasilitas olahraga di Kecamatan Tinombo.

banner 970x250

Bupati menambahkan, dalam kegiatan dialog kepemudaan Bupati Samsurizal mampu menghadirkan Rocky Gerung sebagai pembicara asalkan mempunyai izin keamanan dari Kepolisian.

“Saya bisa hadirkan pembicara terkenal Rocky Gerung asalkan dijamin keamananya,” jelasnya.

Bupati Samsurizal juga mengusulkan agar kegiatan donor darah diperbanyak tempat atau titik kegiatanya.

“Saya minta untuk kegiatan donor darah diperbanyak tempatnya seperti donor darah di Parigi, Sausu, Ampibabo, Moutong dan lain sebagainya, dan pasti banyak masyarakat yang ingin donor darah,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parigi Moutong, Alina Deu saat melaporkan kesiapan pelaksanaan menyambut HSP mengatakan, sebelum dan sesudah HSP ke-93 tahun itu, dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu tanggal 29 Oktober 2021 dilaksanakan kegiatan Pengukuhan Duta Pancasila Kabupaten Parigi Moutong oleh Menteri. Selanjutnya tanggal 29 Oktober 2021 kegiatan Kuliner Nusantara. Tanggal 30 Oktober 2021 Menteri datang meresmikan beberapa sarana olahraga. 28 Oktober 2021 Upacara sumpah pemuda. Selanjutnya Pengukuhan Duta Pancasila 30 Oktober 2021.

“Upacara Diving bawah laut akan ditampilkan 30 Oktober 2021, karena di tanggal itu Menteri bisa hadir,” terang Alina.

Alina menyebut, pada tanggal 30 Oktober 2021 kegiatan Paralayang. Tanggal 28 Oktober 2021 kegiatan menendang bola sejauh mungkin untuk Pejabat eselon II III dan IV dilingkungan Pemda Kabupaten Parigi Moutong. Kemudian kegiatan eksebisa segi empat sepak bola dari tanggal 23–28 Oktober 2021. Kegiatan Pameran UKM 28 – 30 Oktober 2021.Kegiatan cipta menu Nusantara juga tanggal 30 Oktober 2021. Selanjutnya kegiatan Rembuk Pendidikan Nasional tanggal 16 Oktober 2021. Selanjutnya kegiatan kewirausahaan Pemuda oleh divisi kepemudaan dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2021.

“Dialog pemuda yang hadir sebagai pemateri Anwar Hafid dan
Osgar Matompo di Lolaro,” tambahnya.

Sementara itu Ketua panitia kegiatan eksebisi liga segi empat sepak bola, Sakti Lasimpala mengatakan, kegiatan lomba apa saja yang dilaksanakan di luar Kecamatan Tinombo diperbolehkan, dan terpenting adalah finalnya tetap dipusatkan di Kecamatan Tinombo dengan tujuan bisa menjadi promosi olahraga dan promosi destinasi wisata.

“Kegiatan apa saja silahkan dibuat diluar Kecamatan Tinombo, dan untuk finalnya tetap dilaksanakan di Kecamatan Tinombo agar menjadi promosi Olahraga dan Promosi Deatinasi wisata,” beber Sakti.

Lanjut Sakti, untuk tanggung jawab yang diberikan kepadanya untuk mengurus kegiatan eksebisi sepak bola segi empat khsusus Persatuan Sepak Bola Daerah Gorontalo (Persidago) akan dikawal langsung oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

“Kegiatan eksebisi akan dilakasnakan di lapangan lombok Tinombo,” tutupnya.

Boby Monareh
Diskominfo Parigi Moutong