NOTEZA.ID, BANGGAI – Setelah sempat terganggu akibat aksi penyegelan ruang Bendahara dan ruang Direktur utama beberapa hari lalu, pelayanan di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Luwuk kini kembali berjalan normal.
Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang mulai memadati kantor PDAM untuk melakukan pembayaran tagihan air minum, Rabu (14/05/2025).
Direktur Utama PDAM Banggai, Bacharuddin Amir, menegaskan bahwa pihaknya telah mengambil langkah cepat dengan mengambil alih seluruh tugas dari tiga direktur bidang guna memastikan operasional dan pembayaran gaji karyawan tetap berjalan sesuai jadwal.
“Kami berkomitmen memastikan pelayanan tetap berjalan, termasuk urusan keuangan pegawai,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler.
Kendati demikian, Direktur Bidang Pelayanan, Romi Batutihe, tidak terlihat di lokasi saat awak media menyambangi kantor PDAM. Seorang pegawai menyebutkan bahwa kemungkinan beliau sedang keluar.

Sebelumnya, publik masih mengingat jelas peristiwa penyegelan kantor PDAM yang terjadi beberapa hari lalu. Dalam struktur manajemen berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup), tanggung jawab atas kejadian tersebut berada pada Tiga Direktur Bidang Pelayanan,Teknik Dan Keuangan.
Keluhan dari masyarakat soal tidak stabilnya aliran air bersih pun masih mengemuka. Salah seorang warga mengeluhkan gangguan aliran air yang kerap mati dua hari dan baru menyala sehari.
“Kami harap Direktur Pelayanan bisa mendengar keluhan ini dan segera bertindak,” ujar warga tersebut.
Selain itu, kondisi pipa-pipa PDAM yang berserakan di drainase juga dikeluhkan. Warga menilai hal itu memperparah banjir karena sampah tersangkut di pipa-pipa yang tidak tertata.
Direktur Teknik, Ferdy Saajad, didesak untuk segera menata instalasi pipa agar tidak mengganggu saluran air. Sementara itu, Direktur Keuangan, Muh Rifay Karim, diharapkan lebih aktif dalam koordinasi pembayaran gaji pegawai bersama bendahara dan Direktur Utama.
Sebagai solusi, masyarakat mendesak agar PDAM segera menggelar rapat internal yang dipimpin langsung Direktur Utama untuk memperkuat koordinasi antar direktur bidang dan meningkatkan pelayanan.
Masyarakat berharap agar PDAM Banggai ke depan dapat memberikan layanan air bersih yang profesional dan optimal.
( TimRedaksi/DewiQomariah )