banner 970x250

Google dan YouTube Berikan Dukungan Lebih dari 2 Miliar Rupiah untuk Akselerasi Digital UKM di Hari UMKM Nasional

(ki-ka) Nadzira Shafa, Arnold Poernomo, Andini Effendi, Gibran Rakabuming Raka, Putri Alam, Teten Masduki, Ganjar Pranowo, Devina Hermawan, Mike Jittivanich, Dimas Ramadhan Pangestu, Tami Aulia, dan Felix Irwan. FOTO : Istimewa

Noteza.id – Dalam peringatan Hari UMKM Nasional, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama Google dan YouTube telah mengumumkan langkah kolaboratif yang menggembirakan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Acara ini berlangsung di Istana Mangkunegaran, di mana Google dan YouTube mengumumkan komitmen mereka untuk memberikan dukungan lebih dari dua miliar rupiah kepada UKM di seluruh negeri. Dukungan ini bertujuan untuk mendorong akselerasi digital dan pengembangan melalui alat pemasaran digital yang beragam.

Dalam upaya untuk memajukan inisiatif ini, Google dan YouTube juga menjalin kemitraan dengan KemenKopUKM serta SMESCO untuk menggelar lokakarya pelatihan UKM dan kampanye sosial yang diberi nama #FlexingLokal #BarengGoogledanYouTube. Langkah ini diambil sebagai bagian dari serangkaian kegiatan yang diadakan oleh Kementerian dengan tema “Transformasi UMKM untuk Masa Depan.”

banner 970x250

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, memberikan penghargaan kepada Google dan YouTube atas kolaborasi mereka dalam mendukung program pemerintah untuk mempersiapkan UKM dalam menghadapi ekosistem digital yang semakin berkembang. Ia menyatakan, “Saya sangat mengapresiasi bagaimana YouTube dan Google mendukung transformasi digital UKM di tanah air, salah satunya melalui pelatihan maupun dukungan untuk membantu mengembangkan usaha mereka secara online, yang diumumkan hari ini. Saya berharap hal ini mampu mengakselerasi pencapaian target pemerintah 30 juta UKM masuk ke dalam ekosistem digital, di mana saat ini lebih dari 22 juta UKM telah bergabung.”

Bagi para UKM yang memenuhi syarat, bantuan ini akan disalurkan melalui SMESCO. SMESCO akan memilih pemilik usaha yang berkesempatan mengikuti serangkaian lokakarya pelatihan UKM yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman mengenai pemasaran digital serta pengembangan aset digital yang efektif guna mendukung pertumbuhan usaha.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, menjelaskan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari visi pemerintah 2045 untuk membangun ekonomi berkelanjutan. Google telah secara konsisten melatih pemilik UKM melalui program-program seperti Gapura Digital dan Women Will, serta menjalin berbagai kemitraan dengan pemerintah. “Sejak 2017, Google telah melatih lebih dari dua juta pemilik usaha di seluruh negeri. Selaras dengan pemerintah, kami berkomitmen untuk memberikan akses ke peluang yang sama dan berharap dukungan ini akan membantu lebih banyak usaha mengembangkan usaha mereka secara online dan menemukan pelanggan baru.”

YouTube juga memainkan peran penting dalam mendukung ekonomi kreatif Indonesia. Pada tahun 2021, YouTube telah berkontribusi sebesar 7,5 triliun rupiah ke dalam Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Melalui platformnya, YouTube mendorong pertumbuhan ekonomi dengan kreasi konten dan interaksi dengan pelanggan.

Acara perayaan Hari UMKM Nasional ini juga melibatkan rangkaian pelatihan yang diselenggarakan di Studio Rekaman Lokananta, Solo, Jawa Tengah. Para peserta diajarkan tentang pemasaran digital, pembuatan konten, dan keterampilan lain yang relevan dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam ekosistem digital. Kehadiran kreator YouTube ternama seperti Arnold Poernomo dan Devina Hermawan serta penampilan musisi terkenal seperti Felix Irwan dan Tami Aulia turut mewarnai acara tersebut.

Inisiatif kolaboratif ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi akselerasi digital UKM di Indonesia. Dukungan dari Google dan YouTube serta kemitraan dengan instansi pemerintah dan SMESCO membantu mendorong transformasi dan perkembangan UKM dalam menghadapi era digital yang semakin dinamis.