border="0"

Peluncuran Aplikasi “Satu Darah” di Kabupaten Parigi Moutong Meningkatkan Kesadaran dan Partisipasi Donor Darah

Kegiatan launching Sistem Akomodasi Terpadu Donor Darah (Satu Darah) di gedung auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong. FOTO : Noteza.id

Noteza.id – Asisten Pemerintahan dan Umum, Aswini Dimple, SKM M.Kes, turut hadir dalam acara peluncuran aplikasi Sistem Akomodasi Terpadu Donor Darah “Satu Darah” yang diadakan di gedung auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong pada tanggal 16 Agustus 2023. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Parigi Moutong, Dra Noer Wachida Prihartini S Tombolotutu, serta berbagai pihak terkait.

Mariana, Ketua Panitia Pelaksana, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari peluncuran aplikasi ini adalah untuk mendukung program donor darah dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya donor darah. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memperkenalkan aplikasi “Satu Darah” kepada masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi dalam aksi kemanusiaan melalui donor darah.

banner 970x250

Dalam sambutan Dra Noer Wachida Prihartini S Tombolotutu, Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Parigi Moutong, disoroti bahwa stok darah di wilayah tersebut masih kurang memadai, khususnya untuk pasien umum dan ibu hamil yang sedang melahirkan. Kerjasama dengan berbagai lembaga seperti TNI, Polri, instansi pemerintahan, serta organisasi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan angka donor darah sukarela.

Bupati Parigi Moutong, melalui sambutan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum Aswini Dimple SKM M Kes, mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Ia menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat pasokan darah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah di seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini, edukasi, penghapusan stigma, dan perluasan jaringan donor darah menjadi fokus utama.

Aswini Dimple juga mengajak seluruh peserta yang hadir untuk turut berpartisipasi aktif dalam program donor darah, mengingat bahwa setiap sumbangan darah memiliki dampak besar bagi mereka yang membutuhkannya. Ia juga menegaskan komitmen untuk memastikan bahwa proses donor darah dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.

Acara peluncuran aplikasi “Satu Darah” ini menunjukkan upaya serius Kabupaten Parigi Moutong dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam donor darah. Diharapkan semangat kemanusiaan ini akan terus membara dan menginspirasi lebih banyak individu untuk ikut serta dalam program ini, demi terciptanya masyarakat yang lebih peduli dan berdaya.