border="0"

Bayi Senja dari Parigi Moutong Membutuhkan Bantuan untuk Operasi Lanjutan

Khaulah Senja Nafisah, bayi berusia 8 bulan asal Desa Silanga, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, lahir dengan kondisi Hirschsprung.FOTO : Istimewa

Noteza.id– Khaulah Senja Nafisah, bayi berusia 8 bulan asal Desa Silanga, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, lahir dengan kondisi Hirschsprung, penyakit yang mempengaruhi usus besar dan menyebabkan masalah buang air besar. Anak kedua dari pasangan Moh Rifdal dan Yuliani ini harus berjuang melawan penyakit sejak lahir.

Meskipun Senja terlihat sehat saat lahir dengan berat 3 kilogram di Puskesmas Siniu pada 14 Oktober 2023, dia mengalami kesulitan buang air besar dan perutnya membesar saat dibawa pulang. Setelah kembali ke Puskesmas Siniu dengan bantuan BPJS Kesehatan, Senja dirujuk ke RSIA Defina di Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, dan kemudian ke RSUD Anuntaloko Parigi.

banner 970x250

Selama perawatan di ruang NICU RSUD Anuntaloko Parigi, kondisi Senja tidak membaik dan bahkan dari pusarnya keluar belatung, memaksa orang tuanya membawa pulang secara paksa. Setelah seminggu, kondisi perut Senja semakin membesar meskipun telah menjalani perawatan alternatif. Akhirnya, mereka kembali ke RSUD Anuntaloko Parigi dan meminta rujukan ke RSUD Undata Palu, di mana Senja akhirnya menjalani operasi.

Namun, setelah operasi, Senja harus menjalani rawat jalan rutin setiap bulan di RSUD Undata Palu. Kini, dokter menyarankan untuk membawa Senja ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, untuk penanganan medis lanjutan, yang menjadi kendala bagi keluarga karena keterbatasan biaya.

Moh Rifdal dan Yuliani, yang hanya bekerja sebagai tenaga honorer, mengaku kesulitan untuk membawa Senja ke Makassar. Mereka bahkan harus menggunakan plastik pembungkus es sebagai pengganti kantong medis penampung kotoran.

“Kami sudah berupaya mencari bantuan ke sejumlah komunitas pencinta alam dan Yayasan Rumah Dua Jari di Palu, namun belum membuahkan hasil,” ujar Moh Rifdal.

Keluarga berharap ada pihak dermawan atau yayasan peduli kemanusiaan yang dapat membantu agar Senja bisa segera menjalani operasi lanjutan. Bantuan dapat disalurkan ke rekening Bank Sulteng 1020204091970 atas nama Yulia A, nomor telepon 0822-9341-0640.

Semoga dengan bantuan dan dukungan, bayi Senja dapat segera pulih dan mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan.