border="0"

Hari Pers Nasional 2024: Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) HPN 2024, Marthen Selamet Susanto memimpin rapat persiapan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Kantor PWI Pusat. FOTO : Istimewa

Noteza.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, di bawah kepemimpinan Ketua Umum Hendry Ch Bangun, telah menetapkan Jakarta sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Dalam upaya untuk mempromosikan dan merayakan kemerdekaan pers, acara tersebut akan berlangsung di Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), Jakarta, pada tanggal 9 Februari 2024. Acara ini sangat diharapkan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

HPN 2024 kali ini menjadi sangat istimewa karena berdekatan hanya lima hari sebelum pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) pada tanggal 14 Februari 2024. Ini adalah kesempatan bagi wartawan dan komunitas pers untuk mengawal transisi kepemimpinan nasional dan memperkuat keutuhan bangsa.

banner 970x250

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) HPN 2024, Marthen Selamet Susanto, mengungkapkan bahwa HPN 2024 adalah Hari Pers Nasional pertama di bawah kepemimpinan Hendry Ch Bangun. Saat acara serah jabatan pengurus PWI Pusat beberapa waktu lalu, Hendry Ch Bangun mencanangkan PWI Merah Putih, dengan fokus pada kebangsaan dan nilai perjuangan terkait keberagaman bangsa Indonesia serta Kemerdekaan Pers. Dengan tema HPN 2024, yaitu “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa,” PWI ingin menegaskan kembali pentingnya nilai perjuangan tersebut.

Selain perayaan kemerdekaan pers, PWI juga ingin mempromosikan nilai-nilai kebangsaan dan peran pers dalam demokrasi kepada masyarakat luas melalui “Road to HPN 2024.” Acara seminar dan konvensi yang akan diadakan dalam rangka HPN 2024 tidak hanya akan membahas tantangan yang dihadapi oleh masyarakat pers, tetapi juga isu-isu lain yang terkait dengan tantangan pembangunan nasional.

Salah satu sorotan utama HPN 2024 adalah dialog kebangsaan yang akan melibatkan tiga calon presiden dan wakil presiden di Kantor PWI Pusat. Hal ini menunjukkan pentingnya peran pers dalam pemilihan kepemimpinan nasional, dengan harapan bahwa pemimpin yang terpilih akan memahami dan mendukung nilai-nilai pers sebagai salah satu pilar demokrasi, serta berkomitmen pada kesejahteraan wartawan dan perkembangan kehidupan pers di Indonesia.

HPN 2024 menjadi momen penting bagi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan seluruh komunitas pers di Indonesia untuk merayakan kemerdekaan pers sambil mengawal transisi kepemimpinan nasional dan memperkuat keutuhan bangsa. Acara ini juga menjadi wadah bagi PWI untuk mempromosikan nilai-nilai kebangsaan dan peran penting pers dalam masyarakat.