border="0"

Kisah Inspiratif Dinprasetyo, Content Creator Muda Asal Semarang

Dinda Prasetyo, yang lebih dikenal dengan nama Dinprasetyo, content creator muda. FOTO : Istimewa

Noteza.id – Dinda Prasetyo, yang lebih dikenal dengan nama Dinprasetyo, adalah salah satu content creator muda asal Indonesia yang menginspirasi banyak orang. Lahir di Polosiri, Bawen, Kabupaten Semarang pada Agustus 1993, perjalanan karir Dinprasetyo yang luar biasa ini merupakan contoh nyata kegigihan dan kerja keras dalam menggapai impian.

Dinprasetyo memulai perjalanan kreatifnya dari posisi yang sangat sederhana, sebagai penjual es krim keliling. Tinggal di desa Polosiri, Kabupaten Semarang, ia harus mengatasi berbagai keterbatasan, baik dalam hal informasi maupun relasi dalam industri kreatif. Namun, semangat belajarnya membawanya jauh.

banner 970x250

Dengan hasil penjualan es krimnya, Dinprasetyo berhasil mengumpulkan cukup uang untuk membeli kamera pertamanya, Canon 450D, pada tahun 2014. Ia juga bergabung dengan berbagai komunitas fotografi, seperti Instanusantara, Camera Indonesia, dan Geonusantara, dengan harapan dapat memperdalam pengetahuannya tentang fotografi. Hasilnya, ia bahkan menjadi ketua salah satu komunitas Street Fotografi di Semarang, yaitu Instastreetid Semarang.

Namun, perjalanan Dinprasetyo tidak berhenti di sini. Ia kemudian mencoba peruntungannya dalam jasa fotografi pernikahan, meskipun dengan segala keterbatasannya. Pada tahun 2015, ia memutuskan untuk membeli kamera yang mendukung video, membawanya memasuki dunia videografi. Dari sinilah ia menemukan minat yang kuat dalam pembuatan video, dari proses produksi hingga editing.

Pada tahun 2016, Dinprasetyo menjadi seorang ayah untuk pertama kalinya. Ia juga memutuskan untuk bekerja di salah satu instansi pemerintah di Kota Semarang dan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi swasta di Salatiga. Di saat yang sama, ia mulai merintis usahanya dalam dunia kreatif, membentuk Kreatif Visual.

Namun, perubahan besar datang saat pandemi COVID-19 melanda pada tahun 2019 dan peraturan berubah secara drastis pada tahun 2020. Dinprasetyo melihat peluang dalam situasi sulit ini. Ia membuat video iklan yang unik, seperti iklan batu kerikil, yang mendapat sambutan baik di platform TikTok dan menjadi viral. Keberhasilan ini mendorongnya untuk serius fokus pada pembuatan video iklan produk.

Ketekunan dan kerja keras Dinprasetyo membawanya menuju kesuksesan. Ia bahkan menciptakan iklan tentang HP rusak yang juga viral di YouTube, mempercepat pertumbuhan akun YouTube-nya. Pada pertengahan tahun 2022, ia membuka kantor pertamanya, Kreatif Visual Studio, yang berfokus sebagai production house studio dalam pembuatan video iklan produk.

Saat ini, Dinprasetyo memiliki lebih dari 15 ribu pengikut di akun Instagram-nya dan 90 ribu pengikut di akun TikTok-nya. Pesan inspiratif dari Dinprasetyo adalah untuk tidak pernah malu berkarya, tidak takut maju, dan tidak membandingkan diri dengan orang lain, karena setiap individu memiliki kelebihan masing-masing. Ia adalah bukti bahwa ketekunan dan semangat pantang menyerah dapat membawa seseorang meraih kesuksesan, bahkan dari awal yang sederhana dan terbatas.