border="0"

Bandung Tuan Rumah Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari. FOTO : Istimewa

Noteza.id – Kota Bandung telah bersiap untuk menjadi tuan rumah Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2023. Acara kongres lima tahunan ini akan digelar pada tanggal 25-26 September di EL Hotel dan akan dihadiri oleh ratusan peserta dari 38 PWI Provinsi, termasuk cabang khusus Solo, serta para penggembira.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari, menyatakan keyakinannya bahwa Kongres PWI tahun ini akan berjalan dengan lancar dan sukses. Ia memberikan apresiasi atas semangat panitia serta kesiapan PWI Pusat dan PWI Jawa Barat sebagai tuan rumah dalam menyelenggarakan acara prestisius ini. Pernyataan tersebut disampaikan Atal S. Depari di Sekretariat PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Selasa (25/7/2023).

banner 970x250

Atal S. Depari juga berharap agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat membuka secara resmi Kongres XXV PWI tahun ini. Dalam rangka itu, PWI berencana untuk mengirimkan surat resmi untuk meminta waktu audiensi kepada Presiden Jokowi. Sebelumnya, Jokowi telah membuka secara resmi Kongres PWI sebelumnya di Solo ketika Atal S. Depari terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat periode 2018-2023.

Menurut Ketua Panitia Kongres XXV PWI, Marthen Selamet Susanto, tema yang diangkat dalam kongres kali ini adalah “Menuju PWI yang Mampu Menjawab Tantangan Zaman.” Hal ini mencerminkan komitmen PWI untuk terus beradaptasi dan menjadi organisasi yang relevan di era yang terus berkembang ini.

Persiapan Kongres PWI telah dimulai dengan adanya rapat koordinasi gabungan antara panitia pusat dan lokal. Panitia akan segera mengirimkan surat pemberitahuan mengenai pelaksanaan kongres dan informasi terkait proses pendaftaran peserta serta jadwal acara yang akan dilaksanakan di beberapa venue selama kongres.

Adapun persyaratan awal untuk peserta dan peninjau Kongres XXV PWI adalah sebagai berikut:

  1. Peserta Kongres terdiri dari 3 (tiga) orang perwakilan dari 34 Provinsi dan Cabang Khusus Solo, yaitu Ketua, Sekretaris, dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi. Sedangkan untuk 4 Provinsi baru di Papua, hanya Pelaksana Tugas (Plt) Ketua yang akan menjadi peserta.
  2. Panitia Kongres akan menanggung tiket, penginapan di El Hotel, dan konsumsi untuk tiga orang peserta dari masing-masing PWI Provinsi. Setiap PWI Provinsi akan mendapatkan 2 kamar di El Hotel, dan peserta diharapkan untuk check-in pada tanggal 24 September dan check-out pada tanggal 27 September 2023.
  3. Tiket akan direimburse dengan syarat peserta harus melampirkan kwitansi, copy e-ticket, dan boarding pass.
  4. Panitia hanya akan menanggung harga tiket sebesar pagu yang sudah ditetapkan.
  5. Panitia akan menyediakan transportasi bus dari Bandara Soekarno-Hatta menuju El Hotel pada tanggal 24 September 2023, dengan dua kali keberangkatan yaitu pukul 10.00 dan 16.00 WIB.
  6. Bagi peserta yang menggunakan angkutan umum menuju Bandung, panitia akan menyediakan penjemputan dari terminal, stasiun, dan bandara menuju El Hotel.
  7. Peninjau resmi dari masing-masing provinsi berjumlah 5 orang. Namun, panitia tidak akan menanggung tiket, akomodasi, konsumsi, dan kebutuhan lainnya bagi para peninjau.

PWI Provinsi diminta untuk segera menginformasikan nama-nama peserta dan peninjau kongres dengan mengisi formulir dan melampirkan fotokopi kartu anggota PWI paling lambat tanggal 15 September 2023. Semua persiapan dan koordinasi diharapkan dapat berjalan dengan baik demi kesuksesan Kongres XXV PWI tahun ini.