border="0"

Dinas PUPR Kabupaten Parigi Moutong Gelar Pelatihan Drone Mapping dan GPS Geodetik untuk Tingkatkan Efisiensi Survei Pemetaan

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Parigi Moutong menyelenggarakan pelatihan Drone Mapping dan GPS Geodetik. FOTO : Desmond Palari

Noteza.id – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Parigi Moutong menyelenggarakan pelatihan Drone Mapping dan GPS Geodetik selama dua hari, mulai 14 hingga 15 November 2023. Acara ini diadakan di aula lantai dua Kantor Bupati Parigi Moutong dan dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Parigi Moutong, I Nyoman Adi Susmanta.

Pelatihan ini dihadiri oleh 25 peserta dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Kabupaten Parigi Moutong. Kepala Bidang Tata Ruang PUPR Kabupaten Parigi Moutong, Ade Prasetya Saputra, menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk internal Dinas PUPR tetapi juga melibatkan OPD teknis yang memerlukan keterampilan dalam survei dan pemetaan.

banner 970x250

“Aktivitas ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan terkait penggunaan alat ukur, khususnya GPS Geodetik dan Drone Mapping, kepada staf OPD teknis. Tujuannya adalah agar mereka dapat secara mandiri melakukan survei dan pemetaan pada saat diperlukan, mengurangi beban tenaga, waktu, dan biaya,” ujar Ade Prasetya.

Pelatihan ini diberikan oleh tenaga ahli dari PT Global Plan Nusantara Engineering Consultant, perusahaan yang memiliki keahlian dalam bidang teknik. Melibatkan sektor swasta dalam penyelenggaraan pelatihan menunjukkan sinergi antara sektor publik dan swasta dalam mengembangkan kapasitas dalam bidang survei dan pemetaan.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan staf OPD teknis dapat memanfaatkan teknologi terkini dengan optimal, meningkatkan efisiensi dalam pengumpulan data geospasial, serta memperkuat kerjasama antar-OPD untuk mendukung pengembangan wilayah Kabupaten Parigi Moutong.