border="0"

Pelatihan Manajemen Puskesmas Tingkat Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2023

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong menggelar Pelatihan Manajemen Puskesmas Tingkat Kabupaten tahun anggaran 2023. FOTO : Istimewa

Noteza.id – Mengingat puskesmas sebagai tulang punggung penyelenggaraan kesehatan dasar bagi masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong menggelar Pelatihan Manajemen Puskesmas Tingkat Kabupaten tahun anggaran 2023, bertempat di Hotel Anutapura, Senin (6/11/2023).

Hadir membuka kegiatan itu, Asisten 3 Kabupaten Parigi Moutong, Yusnaeni, melalui sambutannya mengatakan pelayanan kesehatan yang baik, akan mampu meningkatkan mutu pelayanan yang baik pula sehingga pada akhirnya akan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerja.

banner 970x250

Menurutnya, puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya.

Dikatakannya, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya pada sub sistem upaya kesehatan.

“Penguatan pelayanan kesehatan dasar tentunya tidak dapat dilepaskan dari peran puskesmas sebagai salah satu Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang merupakan garda terdepan dalam pengadaan kesehatan, khususnya dalam rangka mewujudkan Kabupaten Parigi Moutong sehat dengan salah satu ciri yaitu masyarakat maupun menjangkau pelayanan kesehatan bermutu,” jelasnya.

Maka dari itu, Yusnaeni menghimbau kepada seluruh peserta agar kiranya mengikuti pelatihan dengan baik dan seksama, sehingga kedepannya mampu memahami prinsip dan konsep pembangunan kesehatan serta tata kelola pelayanan kesehatan dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat dengan berbagai pendekatan.

“Untuk mendukung kerja puskesmas tentunya dengan harapan terciptanya aparatur kesehatan yang memiliki kompetensi memadai sehingga berkontribusi banyak terhadap peningkatan pelayanan kesehatan terutama di Wilayah Kabupaten Parigi Moutong, serta mampu menjalankan tugas sebagai pelaksana manajemen pelayanan kesehatan dengan berbagai pendekatan utamanya pendekatan keluarga di puskesmas masing-masing,” katanya.