border="0"

Parigi Moutong Terus Melakukan Percepatan Penurunan Angka Stunting

Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting. FOTO : Deden Wahyudi

Noteza.id – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong terus mengambil langkah-langkah konkret dalam upaya penurunan angka stunting di wilayah ini. Pada hari Selasa, 24 Oktober 2023, di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong, diadakan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting. Kegiatan ini dibuka oleh PJ Bupati Parigi Moutong, Bapak Richard Arnaldy Djanggola.

Dalam sambutannya, Bapak Djanggola menyampaikan rasa terima kasih atas nama pemerintah daerah kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas kegiatan ini. Rapat koordinasi teknis ini diadakan dalam rangka memperkuat komitmen pemerintah daerah Parigi Moutong dalam upaya pencegahan penurunan stunting di kabupaten ini.

banner 970x250

Stunting, masalah gizi serius yang sedang dihadapi di Indonesia, menjadi fokus utama dalam rapat ini. Menurut data Riskesdas tahun 2018, sekitar 30,8 persen balita di Indonesia mengalami stunting. Fenomena ini menunjukkan adanya masalah dalam manajemen pelayanan dasar, terutama untuk ibu hamil dan anak-anak di bawah usia 2 tahun, yang sering disebut 1000 hari pertama dalam kandungan (HPK).

Dalam rangka mengatasi masalah ini, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong telah mengadopsi strategi yang sangat penting, yakni memahami pentingnya HPK. Kesadaran akan pentingnya periode krusial ini telah mendorong berbagai langkah konkret untuk memastikan pelayanan dasar, terutama kesehatan ibu dan anak, ditingkatkan secara menyeluruh.

Salah satu pencapaian gemilang adalah penurunan angka stunting dari 31,7 persen menjadi 27,4 persen pada tahun 2022. Prestasi ini patut disyukuri dan menunjukkan bahwa komitmen bersama telah memberikan hasil positif. Sekretaris Daerah Parigi Moutong, para pejabat tinggi, dan berbagai jajaran pemerintah daerah serta unsur masyarakat turut hadir dalam rapat ini, menunjukkan dukungan yang kuat dari berbagai pihak dalam upaya ini.

Rapat koordinasi ini diharapkan menjadi momentum strategis untuk terus mengoptimalkan penyelenggaraan pelayanan dasar, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak. Pemerintah dan masyarakat Parigi Moutong berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan giat guna mencapai target penurunan stunting yang lebih baik lagi pada tahun-tahun mendatang. Dengan kerjasama yang erat, diharapkan angka stunting akan terus menurun, menciptakan generasi masa depan yang lebih sehat dan cerdas.