border="0"

Universitas Terbuka (UT) Palu Gelar OSMB dan Jalin Kerja Sama dengan Pemda Parimo

Universitas Terbuka (UT) Palu menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) sekaligus penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).FOTO : Noteza.id

Noteza.id – Universitas Terbuka (UT) Palu menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) yang berlangsung pada Minggu, 17 September 2023, di Gelanggang Olahraga Tombolotutu. Acara ini juga menjadi kesempatan untuk penandatanganan perjanjian kerja sama antara UT Palu dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Direktur UT Palu, Wijanarko, menyatakan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru di Kabupaten Parigi Moutong. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu, yang telah memberikan dukungan penuh kepada masyarakat Parimo untuk melanjutkan pendidikan di UT.

banner 970x250

Salah satu fokus pembicaraan dalam acara tersebut adalah Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT). Data tahun 2022 menunjukkan bahwa APK PT di Sulawesi Tengah mencapai 39,4%, melebihi rata-rata nasional sebesar 39,37%. UT diakui sebagai penyumbang sebanyak 10% dari angka APK PT se-Indonesia menurut data dari Direktur Kelembagaan, Dirjen Kemendikbud.

Sementara itu, OSMB di UT Palu memiliki tujuan yang kuat, yaitu mempersiapkan mahasiswa baru untuk belajar dalam sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ). Sunarti, PLT Dinas Pendidikan Parimo, menjelaskan bahwa OSMB UT Palu menekankan pentingnya layanan yang diberikan kepada mahasiswa untuk mendorong proses belajar mandiri.

Mahasiswa baru diberikan pemahaman komprehensif tentang hakikat PTJJ serta sistem pendidikan nasional, kelembagaan, dan keorganisasian UT. Bupati Samsurizal juga memberikan pesan khusus kepada para mahasiswa baru untuk mengikuti OSMB ini dengan baik, memahami strategi belajar di UT, dan mematuhi ketentuan umum serta kode etik akademik.

Acara ini mencerminkan komitmen UT Palu dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan dukungan kepada masyarakat Parigi Moutong untuk mengakses pendidikan tinggi yang berkualitas. Kerja sama dengan Pemda Parimo diharapkan akan membuka peluang pendidikan yang lebih baik bagi warga daerah tersebut.