border="0"

Dinas PMD Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Pilkades Pasca Pemilihan Serentak di Kabupaten Parigi Moutong

Kegiatan penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang terjadi pasca pemilihan serentak pada 26 Agustus 2023 di aula pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. FOTO : Boby Monareh

Noteza.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Parigi Moutong telah mengambil langkah penting untuk memfasilitasi penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang terjadi pasca pemilihan serentak pada 26 Agustus 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 1 September 2023, di aula pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Desa-desa yang melaporkan sengketa Pilkades adalah Desa Salubanga yang berada di Kecamatan Sausu, Desa Silanga Barat yang terletak di Kecamatan Siniu, serta Desa Margapura yang berada di Kecamatan Bolano Lambunu.

banner 970x250

Dalam pertemuan ini, Dinas PMD melalui Sekretaris Dinas, Agus Salim, mengumumkan bahwa penanganan sengketa Pilkades akan diurus oleh Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Kabupaten Parigi Moutong. Tim ini akan bertanggung jawab dalam menyelesaikan sengketa dan mengambil langkah-langkah yang sesuai.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak yang terkait, termasuk Kabag Kumdang (Hukum dan Perundang-undangan) Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Kasat Reskrim Polres Parimo, camat, perwakilan dari masing-masing desa yang bersengketa, serta para saksi yang terlibat dalam sengketa Pilkades.

Langkah yang diambil oleh Dinas PMD ini menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga ketertiban dan keadilan dalam proses pemilihan kepala desa. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pemilihan kepala desa dapat berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Semoga penyelesaian sengketa ini dapat berjalan dengan adil dan transparan, menjaga kedamaian di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.