border="0"

Penghijauan sejak dini, Polda Sulteng tanam 19.320 pohon

Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho, dalam acara penanaman pohon secara serentak ‘Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’. FOTO : Istimewa

Noteza.id -Masih dalam suasana memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Polda Sulawesi Tengah menggelar aksi nyata penanaman pohon bertajuk ‘Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’ di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulteng di Biromaru Kab. Sigi, Rabu (23/8/2023)

Sebanyak 19.320 berbagai jenis bibit tanaman ditargetkan untuk ditanam oleh Polda Sulteng bersama seluruh Polres dan Polsek jajaran sebagai wujud Aksi sosial Polri yang bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan.

banner 970x250

Kegiatan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia melalui virtual zoom meeting yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon antara lain Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho, Wakapolda Sulteng Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, beberapa Kepala Dinas di Provinsi Sulteng, Pejabat utama Polda Sulteng dan Pengurus Bhayangkari Daerah Sulteng.

Dalam sambutan singkatnya, Kapolda Sulteng mengucapkan terima kasih kepada tamu yang hadir secara langsung dalam acara penanaman pohon secara serentak ‘Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’

Penghijauan merupakan upaya dalam rangka untuk melestarikan lingkungan agar kembali asri dan sehat, serta mengurangi efek dari pencemaran, dengan adanya penghijauan kita berharap oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan dapat membuat lingkungan lebih segar, teduh, sejuk dan nyaman, ujarnya

Irjen Agus Nugroho juga menegaskan fungsi utama penghijauan adalah dapat menyerap karbon dan menyaring polusi udara sehingga menjaga suhu bumi tetap dingin.

Kegiatan menanam pohon bukan hanya sebagai kewajiban menghijaukan lingkungan, namun lebih jauh lagi dapat kita maknai sebagai salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan alam yang manfaatnya dapat dirasakan generasi penerus di masa depan, tandasnya

Dilokasi yang sama Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono mengungkapkan, penanaman pohon serentak oleh Polda Sulteng melibatkan personel sebanyak 3.752 personel Polda, Polres dan Polsek,

Ia juga menyebut sebanyak 19.320 bibit tanaman berbagai jenis ditargetkan untuk ditanam dilokasi-lokasi penghijauan yang sudah ditentukan.

Lebih lanjut Djoko menambahkan bahwa “Peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” imbuhnya.

Kabidhumas itu juga berharap penanaman 19.320 pohon yang didominasi tanaman buah seperti manga, alpukat, sirsak, jambu air dan pohon mahoni dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik.” pungkasnya.