border="0"

Hari Kamtibmas, Kapolres Parimo buka kegiatan Sosialisasi Satkamling dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Polres Parimo mengadakan kegiatan sosialisasi Satuan Keamanan Lingkungan(Satkamling) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang( TPPO). FOTO : Deden wahyudi

Noteza.id – Dalam rangka hari Kamtibmas, Polres Parimo mengadakan kegiatan sosialisasi Satuan Keamanan Lingkungan(Satkamling) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang( TPPO) yang di buka oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Parigi Moutong, rabu 21/6/2023.

Kegiatan sosialisasi ini, Kapolres parimo AKBP. Yudi Argo Wiyono menyampaikan bahwa aosialisasi ini sekaligus penerapan kegiatan lomba Satkamling antar desa yang ada di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

banner 970x250

Lanjut Kapolres, satuan keamanan di bentuk di setiap desa, fungsinya membantu kepolisian karna personil kepolisian terbatas. Satkamling di bentuk oleh warga atas kemauan, persaudaraan atas kepentingan bersama, menciptakan lingkungannya aman dan tentram.

“Tentunya sat kamling yang di bentuk oleh warga harus di laporkan kepada kami pihak kepolisian melalui polsek untuk di lakukan pendataan dan pembinaan, Sat kamling harus mempunyai ketua yang telah di tunjuk oleh Ketua RT(Rukun Tetangga) atau RW(Rukun Warga) ataupun di pilih oleh tokoh masyarakat setempat” Ujar Kapolres

Selanjutnya pada kegiatan sosialisasi yang sama kapolres juga menyampaikan terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang(TPPO) yang terjadi di wilayah Parigi Moutong yaitu kota raya dan Tomini, Polres Parimo sudah menangani 2 kasus terkait eksploitasi perdagangan seksual yang saat ini sudah masuk tahap penyidikan

” Kami sudah berkoordinasi dengan pemda, dalam hal ini Dinas terkait yaitu Dinas Tenaga Kerja dan telah di bentuk Satuan Tugas(Satgas) dalam rangka penanganan dan pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)”, Tutup Perwira Menengah yang punya 2(dua) bunga di pundaknya.

Kegiatan sosialisasi ini di hadiri oleh para camat, Kepala-Kepala desa, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terutama OPD terkait.