border="0"

Dinas Pariwsata Banggai Terus Lakukan Pendampingan Pada Pelaku Usaha Lokal

Bersama Kadis Pariwisata Ismed Wardhana.S.STP.M.Si melakukan upaya mengembangkan potensi pariwisata daerah,

NOTEZA.ID Banggai – Bersama Kadis Pariwisata Ismed Wardhana.S.STP.M.Si melakukan upaya mengembangkan potensi pariwisata daerah, dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai telah berhasil membina berbagai usaha ekonomi kreatif di sektor makanan oleh oleh. Melalui berbagai program pembinaan dan pendampingan, para pelaku usaha lokal kini mampu menghadirkan beragam produk makanan yang tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki nilai budaya dan tradisi yang kental.

banner 970x250

Produk-produk ini mencakup aneka kue kering tradisional, camilan khas daerah, serta makanan olahan yang memanfaatkan bahan baku lokal. Contohnya adalah keripik singkong dan pisang dengan berbagai varian rasa, sambal ikan roa, serta Karas karas yang semuanya diproduksi dengan resep turun-temurun. Selain itu, inovasi juga terus dikembangkan dengan menghadirkan produk-produk baru yang mengikuti tren pasar namun tetap mempertahankan cita rasa lokal,” pintahnya

Kesuksesan ini tidak lepas dari dukungan Dinas Pariwisata.Banggai yang terus memberikan bimbingan mengenai manajemen usaha, pemasaran digital, serta standar higienitas dan keamanan pangan. Dengan adanya bimbingan ini, para pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas produknya, menjangkau pasar yang lebih luas, dan bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Hasilnya, produk-produk makanan oleh-oleh ini tidak hanya menjadi favorit wisatawan, tetapi juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Banyak di antara usaha kecil dan menengah ini yang telah berhasil memperluas usahanya, menciptakan lapangan kerja baru, dan mengangkat nama daerah di kancah pariwisata.

Oleh sebab itu Dinas Pariwisata Banggai terus berkomitmen untuk mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan pelaku usaha lokal, sehingga produk-produk makanan oleh-oleh dari daerah ini semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat luas. Ke depan, sinergi antara pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat terus memperkuat industri ekonomi kreatif ini, menjadikan pariwisata sebagai motor penggerak utama dalam pembangunan ekonomi daerah,” tutup Ismed
Liputan : Bid.pemasaran Dispar Banggai.