border="0"

Bupati Banggai Ir H. Amirudin.M.M Membuka  Kegiatan Festival Sastra banggai Tahun 2023

Bupati Banggai Ir H. Amirudin.M.M Membuka  Kegiatan Festival Sastra banggai Tahun 2023. FOTO : Muh amrillah mokoagow

Noteza.id – Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M.Rabu malam (06/09/2023) di RTH Teluk Lalong Luwuk membuka kegiatan Festival Sastra Banggai (FSB) Tahun 2023 Kegiatan yang menjadi wahana peningkatan literasi di masyarakat dan sekaligus juga untuk menumbuhkan semangat melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal merupakan pelaksanaan yang ke-7 kalinya di tahun ini yang dilaksanakan oleh Yayasan Babasal Mombasa ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banggai.

Di salah-satu bagian sambutannya, Bupati H. Amirudin berharap agar Festival Sastra Banggai 2023 ini kiranya bukan hanya menjadi perayaan seremonial yang euforianya berlangsung pada pelaksanaannya saja, akan tetapi berharap agar festival ini menjadi kegiatan kemanusiaan yang berkelanjutan dan bertanggungjawab moral bagi anak-anak Banggai yang peduli terhadap literasi generasi dibawahnya.

banner 970x250

Babasal Mombasa dan komunitas literasi didalamnya kata Bupati Amirudin, diharapkan bisa bersinergi membangun keaksaraan dan kecerdasan berbudaya termasuk pula di dalamnya usaha-usaha pendokumentasian sastra-sastra tutur asli, dongeng atau legenda daerah supaya kita memiliki arsip atau dokumentasi fisik dari hal tersebut. Hal ini sesuai dengan Visi Kabupaten Banggai tentang Kearifan Lokal, kata Bupati.

Melalui Festival Sastra ini, akan bisa membawa kita ke arah peningkatan kualitas, inovasi dan kreasi seni budaya, dan mendorong serta memberdayakan potensi sastra dan budaya lokal agar tetap lestari dan bermanfaat demi peningkatan perekonomian rakyat.

Seperti diketahui, Festival Sastra Banggai Tahun 2023 yang bertemakan “Mendedah Cuaca, Memperpanjang Usia Bumi” yang dilaksanakan tanggal 6 September 2023 hingga 9 September 2023 dengan pusat kegiatan di RTH Teluk lalong ini, nantinya juga beberapa kegiatannya mengambil lokasi di beberapa tempat dalam kota Luwuk.

Hadir dalam kegiatan pembukaan kegiatan FSB 2023 ini para unsur Forkopimda, beberapa Pimpinan OPD, Kejari Banggai Raden Wisnu Bagus  Wijaksono.SH.M.Hum.Kapolres banggai Yang di Wakili Oleh Waka polres banggai (Kompol Margianta,kadis Pendidikan dan kebudayaan Saifuddin Hinelo.S.STP.para manajemen Perusahaan, Pimpinan BUMN dan BUMD, Rektor Unismuh Luwuk, para Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik, komunitas, jurnalis, media-cetak, media online, Kepala Badan Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Asrif, M.Hum., perwakilan Direktur Kementerian Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Faisal Anggoro & Aharun, Ketua dan anggota Babasal Mombasa, termasuk juga para Penulis dari berbagai daerah di Indonesia.