border="0"

Digelar Oktober Mendatang, Berikut Slogan dan Tema HPS 2022

Audiensi Ditjen Perkebunan dengan Pemda Parigi Moutong terkait persiapan HPS 2022. FOtO : LG.

Noteza.id – Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kemeterian Pertanian (Kementan) RI merilis tema kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2022.

Hal itu disampaikan saat audiensi bersama pemda Parigi Moutong, Senin (1/8/2022) oleh Sukim Supandi selaku Kabag Umum Setditjen Perkebunan Kementan. Ia menyebutkan tema internasional untuk penyelenggaraan HPS 2022.

banner 970x250

Leave no one behind, better production, better nutrilion, a better environment and a better life,” ucapnya.

Sedangkan untuk tema dalam lingkup nasional kata dia, belum diputuskan. Namun Kementan sudah punya referensi dan akan diputuskan saat rapat lanjutan bersama pejabat tinggi Kementan.

Sukim mengatakan, pada pelaksanaan HPS 2022, Kementerian Pertanian (Kementan) RI merilis slogan Sagunesia atau ‘Sagu Untuk Indonesia’, yang saat ini menjadi program unggulan Kementan untuk menghadapi kris pangan dunia. Sehingga pada HPS ke-42, Komoditas sagu akan menjadi prioritas untuk dipromosikan.

Ia juga menerangkan, sebagai tuan rumah HPS 2022, Parigi Moutong harus benar-benar mempersiapkan tanaman dan produk olahan sagu sebagai komoditas utama.

“Kami dari (Ditjen) Perkebunan akan mengangkat panen sagu,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran menyampaikan Kabupaten Parigi Moutong sudah melakukan persiapan sejak tahun 2019, dimana saat itu telah menjalin komunikasi dengan Kementan terkait penunjukkan Parigi Moutong Sebagai tuan rumah HPS. Namun hal itu tidak terlaksana karena penyelenggaraan HPS sempat ditunda karena pandemi Covid-19.

“Untuk semua hal berkaitan pelaksanaan HPS 2022 ini, Parigi Moutong siap,” sahutnya.

“Pemda berharap, pelaksanaan HPS ini bisa kembali memulihkan ekonomi masyarakat yang sempat drop akibat pandemi. Untuk itu HPS ini bupati dan wakil bupati serta jajaran pemda ini terus mengupayakan agar dipilih menjadi tuan rumah,” tutupnya.

Turut hadir dalam audiensi, Setditjen Perkebunan, Heru Tri Widarto, perwakilan pemprov Sulteng, Wakil Ketua dan Anggota DPRD beserta pimpinan OPD terkait jajaran pemda Parigi Moutong. (**)