border="0"

Dinas PMD Parigi Moutong Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes

Noteza.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Parigi Moutong menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Penyusunan Pelaporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), bertempat di Aula Kantor DPMD, Senin (25/7/2022).

Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong, Badrun Nggai menyatakan menyambut baik atas diselenggarakannya Kegiatan BIMTEK tersebut.

banner 970x250

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk Penguatan Badan Usaha Milik Desa sebab salah satu ciri Desa yang maju itu dilihat dari perkembangan BUMDesa itu sendiri,” kata Wabup, mengutip siaran pers Diskominfo Parigi Moutong.

Lanjut Wabup, BUMDes merupakan lembaga usaha yang didirikan berdasarkan peraturan desa dan peranannya akan semakin penting ke depannya karena BUMDes menjadi penyumbang Pendapatan Asli Desa itu sendiri.

Badrun menjelaskan, BUMDes juga memiliki Peran sebagai roda penggerak perekonomian di Desa dan memiliki dua orientasi ekonomi yaitu orientasi ekonomi bagi BUMDesa dan juga orientasi ekonomi bagi masyarakat Desa.

Sambung Wabup, pada orientasi ekonomi BUMDesa berperan sebagai entitas Bisnis yang beroperasi untuk menjalankan usaha ekonomi pada berbagai bidang seperti usaha dagang, jasa dan produksi.

Dari semua usaha tersebut kata Wabup bertujuan untuk menghasilkan nilai lebih agar kelangsungan hidup Badan Usaha Desa dapat tetap terjaga

“Jaminan terhadap kelangsungan hidup usaha BUMDesa tidak terbatas, karena merupakan unit usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi Pemerintah Desa tetapi juga sebagai motor penggerak ekonomi bagi masyarakat Desa sehingga penting bagi semua pihak untuk mengembangkan BUMDesa,” tuturnya.

Wabup berharap BUMDesa kedepannya dapat Mandiri dengan pengelolaan keuangan yang baik dan terarah.

“Olehnya sangat diharapkan pengelolaan BUMDesa dapat memenuhi kewajibannya seperti menyusun laporan keuangan, karena berdasarkan laporan keuangan ini dapat menentukan kinerja keuangan, volume usaha BUMDesa serta jumlah yang akan dibagikan kepada para pemberi modal bagi hasil ke Pemerintah Desa atau Hasil usaha Desa,” jelasnya.

Melihat pentingnya hal tersebut, Wabup Badrun menghimbau kepada seluruh peserta BIMTEK agar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik baiknya dan memahami setiap materi yang diberikan, sehingga output dari kegiatan itu benar benar bermanfaat bagi para pengurus BUMDesa dalam upaya memajukan pengelolaan BUMDesa dan memiliki manfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat. (**)