border="0"

Pemda Gelar Pelatihan Peranan Legalitas dan Accounting Pembangunan Usaha Koperasi

Pemda Parigi Moutong menggelar pelatihan peranan legalitas dan accounting pembangunan usaha koperasi di Hotel Oktaria Parigi, Jumat (15/7/2022). FOTO : Prokopim.

Noteza.id – Dinas Koperasi dan Usaha Mikor Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Parigi Moutong menggelar pelatihan peranan legalitas dan accounting dalam pembangunan usaha koperasi yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik tahun anggaran 2022.

Kegiatan pelatihan yang dirangkaikan dengan hari koperasi nasional yang ke-75 tahun itu dilaksanakan di gedung pertemuan Hotel Oktaria, Jumat (15/7/2022).

banner 970x250

Kepala Dinas Koprasi dan UMKM Kabupaten Parigi Moutong, Sofiana menyampaikan tujuan pelatihan dilaksanakan agar pengelolaan koperasi dapat mengerti nilai-nilai prinsip koperasi, kemudian terampil dalam membuat rencana anggaran dan memasang laporan keuangan, kemudian dapat mengetahui lebih latar kekuatan badan hukum kelembagaan usaha koperasi itu harus kami pembinaan dan pengawasan terhadap koperasi yang ada.

Sofiana juga menyebut bahwa kegiatan itu akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 15-16 Juli 2022 dan peserta yang mengikuti sebanyak 16 koperasi yang ada di Kabupaten Parigi Moutong mulai dari Kecamatan Moutong sampai dengan Kecamatan Sausu.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong, Badrun Nggai yang membuka secara resmi kegiatan itu mengatakan bahwa kondisi realita koperasi dan usaha kecil menengah masih belum menunjukkan kemajuan yang signifikan baik dari segi kuantitas maupun kualitas koperasi.

Menurutnya hal itu tentunya membutuhkan komunikasi baik antara koperasi dan pelaku usaha dengan dinas terkait untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada. Ia menyebut, dengan saling bertukar pikiran serta memberikan masukan dan ide-ide, dapat mengembangkan koperasi dan UMKM lebih baik lagi.

“Saya yakin dan percaya untuk mengatasi masalah tersebut dinas terkait dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Parigi Moutong selaku dinas teknis terus berupaya keras mengambil langkah-langkah kebijaksanaan yaitu dengan memberdayakan koperasi dan menumbuh kembangkan manajemen pengolaan koperasi,” ujarnya.

Olehnya itu, pemerintah kabupaten Parigi Moutong sangat fokus dan konsisten serta terus menerus untuk menumbuh kembangkan koperasi dan UMKM.

“Saya berpesan kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, pahami setiap materi yang disampaikan guna pengembangan diri serta dapat di inplementasikan dalam setiap tugas dan pekerjaan,” tutup Badrun.

Turut hadir Inspektur Inspektorat Daerah,  Adrudin Nur, Kepala Dinas TPHP, Hadi Safwan, serta Ketua Dewan Koperasi Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Abdul Malik Bram. (**)

Boby Monareh