banner 970x250

Makna Filosofi Logo HUT Proklamasi RI ke-77 Tahun

Logo HUT ke-77 Tahun Republik Indonesia. FOTO : Istimewa.

Noteza.id – Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan bahwa tema Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” yang merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika untuk mempersatukan dalam menghadapi tantangan yang ada serta siap membawa Indonesia maju.

Selanjutnya, logo Hari Kemerdekaan RI Ke-77 ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas dan lugas dalam menghadapi tantangan global yang merupakan perwujudan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk Indonesia maju.

banner 970x250

Adapun 7 filosofi dalam logo 77 yaitu : Filosofi Pertama, percepatan dan pergerakan ; bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam  memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Filosofi Kedua, progress dan Pembangunan ;  Dua garis mendatar membentuk tangga yang  mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

Filosofi Ketiga, Demokrasi dan Keterbukaan ; bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam peranya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

Filosofi Keempat, Semangat Juang dan Garuda Pancasila ; garis miring dan sudut runcing yang terinspirasi dari bambu runcing  dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk lebih bangkit kuat dan tangguh.

Filosofi Kelima, Sinergi dan Harapan ; Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia maju.

Filosofi Keenam, Penghubung antar Bangsa ; sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G-20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

Filosofi Ketujuh, Persatuan Indonesia ; siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat dan bersatu. (**)

Boby Monareh