banner 970x250

Cegah Stunting, Pemda Parigi Moutong Berdayakan Kader Tri Bina

Cegah Stunting, Pemda Parigi Moutong Berdayakan Kader Tri Bina. FOTO : Prokopim Setda.

Noteza.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Parigi Moutong (DP3AP2KB) menggelar kegiatan pertemuan pemberdayaan kader Tri Bina untuk pencegahan stunting di Kabupaten Parigi Moutong. 

Pertemuan itu bertujuan meningkatkan kapasitas kemitraan dari organisasi PKK, seluruh anggota kelompok Tri Bina dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dalam menurunkan stunting serta teridentifikasinya permasalahan dan solusinya dalam pencegahan stunting di Kabupaten Parigi Moutong.

banner 970x250

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekertariat Daerah Parigi Moutong, Samin Latandu yang hadir membacakan sambutan bupati Parigi Moutong menyampaikan percepatan pencegahan angka stunting dilakukan secara terintegrasi dengan melibatkan beberapa sektor terkait dengan melakukan berbagai kegiatan yang secara langsung ke masyarakat dan keluarga serta remaja.

“Melalui suatu peningkatan pengetahuan, keterampilan sikap, perilaku dalam melakukan upaya pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan,” kata Samin, di lanfai II kantor Bupati Parigi Moutong, Rabu (6/7/2022).

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan peningkatan komitmen dari seluruh pemangku kebijakan dan mitra terkait yang ada di daerah serta melakukan pembinaan dan perberdayaan tenaga kader tri bina serta penguatan kelompok pusat informasi dan konseling remaja (pik-r) dalam rangka mendukung akselerasi pencegahan stunting serta mengurangi masalah kesehatan reproduksi dan gizi pada anak-anak remaja sebagai calon pengantin.

“Olehnya, sangat diharapkan peran seluruh OPD, tidak hanya satu atau dua OPD saja tetapi semua OPD terlibat dalam percepatan penurunan stunting ini,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK kabupaten Parigi Moutong, Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu menjelaskan sejauh ini TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong sudah banyak melakukan kegiatan dalam upaya pencegahan stunting tersebut, diantarannya melakukan penyuluhan PHBS, kesehatan produksi remaja, pengukuran lila ibu hamil, pemeriksaan anemia pada ibu hamil, senam ibu hamil, sampai dengan pelatihan peningkatan ekonomi keluarga di lokus stunting yang berada di Kabupaten Parigi Moutong.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi Tengah Tuty Zarfiana, Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Parigi Moutong Yusnaeni, dan Kepala Badan Bappelitbangda Irwan. (**)

Boby Monareh