banner 970x250

Disdikbud Parigi Moutong Kembali Gelar Lomba O2SN dan FLS2N

Disdikbud Parigi Moutong Kembali Gelar Lomba O2SN dan FLS2N. FOTO : Prokopim Setda.

Noteza.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong kembali menggelar kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang sekolah SD dan SMP tingkat Kabupaten Parigi Moutong.

Acara tersebut dibuka oleh bupati Parigi Moutong yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Samin Latandu, bertempat di aula Dinas Dikbud, Senin (30/5/2022).

banner 970x250

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan dan Kebudayaan, Sunarti menyampaikan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecintaan siswa-siswi terhadap bidang olahraga dan nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

Ia menjelaskan, kegiatan itu kembali dilaksanakan setelah sempat dipending sementara dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia secara keseluruhan.

“Tahun 2022 ini kita dapat menjalankan kegiatan O2SN dan FLS2N secara tatap muka yang dimana kegiatan ini bersifat kompetisi di bidang olahraga dan seni,” jelas Sunarti.

Ia juga menerangkan bahwa peserta O2SN yang lulus seleksi sebanyak 24 siswa dari 391 siswa yang mengikuti seleksi, sedangkan peserta FLS2N yang mengikuti seleksi sebanyak 184 orang dan berhasil lulus sebanyak 39 orang.

Sementara itu, Asisten Samin Latandu menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten Parigi Moutong menyambut dengan baik atas terselenggaranya kegiatan olimpiade O2SN dan FLS2N itu.

“Selain untuk menjalin silaturahmi antara siswa siswi SD dn SMP, kegiatan ini juga dapat membuka peluang dalam berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat,” tuturnya.

Untuk mencapai kesuksesan siswa-siswi kita dalam berkompetisi saya mengaharapkan kondisi jasmani siswa siswi dalam rangka menunjang peningkatan kualitas akademis harus tetap terjaga, agar terjaringnya bibit-bibit atlet berbakat dalam bidang olahraga dan seni untuk dibina dan dikembangkan,” ujar Samin.

“Sehingga dapat menghasilkan siswa siswi terbaik dari masing-masing cabang olahraga dan seni yang mampu berprestasi mengharumkan nama daerah,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat Disdikbud Parigi Moutong, diantaranya Kabid SMP Ince Pina, Kabid SD Ibrahim, dan Kabid Kebudayaan Ninong Pandake. (**)

Editor : Boby Monareh
Sumber : Prokopim Setda