banner 970x250

Devi Uga : Posyandu Merupakan Salah Satu UKBM

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Devi Artini Uga. FOTO : Diskominfo.

Noteza.id – Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Devi Artini Uga menyampaikan bahwa Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaran pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan  angka kematian ibu dan bayi.

“Posyandu merupakan salah satu UKBM”, kata Devi saat melaporkan kegiatan pada acara Penguatan Percepatan Pembentukan dan Pengaktifan Pokjanal Tahun Anggaran 2022 di Hotel Ludya Kampal Parigi, Kamis (12/5/2022).

banner 970x250

Olehnya kata Devi, diperlukan pembinaan dan pengawasan yang baik oleh Pokjanal Posyandu serta didukung dengan pembiayaan operasional Posyandu dan operasional Pokjanal melalui dana desa.

Maksud dan tujuan kegiatan adalah melakukan advokasi pemberdayaan, kemitraan, dan peningkatan peran serta masyarakat dan lintas sektor tingkat daerah, yang bertujuan melakukan penguatan percepatan pembentukan dan peangaktifan Pokjanal Posyandu.

Kegiatan yang dilaksanakan sehari itu mengamhadirkan peserta sebanyak 35 orang terdiri dari OPD lintas sektor yang masuk dalam kepengurusan tim Pokjanal Kabupaten Parigi Moutong termasuk organisasi mitra salah satunya TP- PKK Kabupaten Parigi Moutong.