border="0"

Hadir di Perayaan Lebaran Ketupat, Badrun Nggai Sampaikan ini

Hadir di Perayaan Lebaran Ketupat, Badrun Nggai Sampaikan ini. FOTO : MR. Rachman/noteza.id.

Noteza.id – Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong, Badrun Nggai berikan Sambutan pada perayaan Lebaran Ketupat 8 Syawal 1443 Hijriah Tahun 2022 di Pesisir Pantai Kelurahan Bantaya, Kecamatan Parigi. Senin (9/5/2022).

Perayaan lebaran ketupat kali ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh sentral Provinsi Sulawesi Tengah, diantaranya Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid dan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) periode 2011-2021, Longki Djanggola.

banner 970x250

Turut hadir pula, Anggota DPRD Provinsi Sulteng, Rachmawati M Noer, Hidayat Pakamundi dan Nur Dg Rahmatu. Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, dab Wakil Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Faisan, beserta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat

Laporan ketua panitia pelaksana Lebaran Ketupat Muhtar Hululo mengatakan bahwa terkait terlaksananya Lebaran Ketupat  berkat Kerja sama antara panitia pelaksana dan Pemerintah Kelurahan Bantaya serta masyarakat.

Tujuannya, merupakan salah satu bentuk wujud masyarakat Gorontalo yang ada di rantau bahwa kegiatan budaya ini adalah hasil buah antara etnis Jawa dan suku Gorontalo.

“Sehingga ini jadi ikon di kelurahan Bantaya yang di buat masyarakat parigi di wilayah Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong,” ujar Muhtar.

Wabup Badrun Nggai dalam sambutannya mengatakan bahwa tradisi itu merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan di Kelurahan Bantaya usai Hari Raya Idul Fitri, bukan hanya sekedar menyantap ketupat dan sajian hidangan lainnya.

“Tetapi juga memiliki banyak manah salah satunya mempererat tali silaturrahim serta juga saling maaf memaafkan antar satu sama lain,” terang Badrun.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Parigi Moutong khususnya masyarakat di Kelurahan Bantaya, agar kiranya perayaan Hari Raya Ketupat ini kita gunakan sebagai ajang intropeksi diri untuk saling memberi maaf antar sesama dan memupuk kembali tali persaudaraan yang sempat renggang serta terputus,” sambungnya.

Di akhir acara, Wabup Badrun berkesempatan menyerahkan hadiah pemenang lomba pasang lampu tumbilotohe dan lampu hias pintu gerbang yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kelurahan Bantaya pada 27 hingga 29 Ramadhan 1443 Hijriah yang lalu. (bm)