banner 970x250

Manchester City Tumbang, Real Madrid Bertemu Liverpool di Final Liga Champions

Real Madrid akan bertemu Liverpool di final Liga Champions. FOTO : Reuters/Juan Medina.

Noteza.id – Real Madrid melaju ke final Liga Champions 2021/2022. Los Blancos lolos setelah melakukan comeback super dramatis saat menghadapi Manchester City di leg kedua babak semifinal pada Kamis (5/5/2022) dini hari WIB.

Menjamu City di Santiago Bernabeu, Real Madrid menang 3-1 lewat extra time. Secara agregat pasukan Carlo Ancelotti unggul 6-5. City menang 4-3 pada pertemuan pertama.

banner 970x250

Real Madrid sudah ditunggu Liverpool di partai final yang akan berlangsung di Paris, Prancis pada 28 Mei 2022.

Pada leg kedua semifinal Liga Champions, Real Madrid nyaris gagal ke final. Mereka tertinggal 0-1 sebelum mencetak dua gol di menit akhir guna memaksakan perpanjangan waktu.

Butuh menang, Real Madrid menekan Manchester City sejak pertandingan dimulai. Peluang didapat Karim Benzema di menit awal. Namun tembakannya masih meleset dari sasaran.

City balas mengancam pada menit 20. Bernardo Silva hampir mencetak gol jika tidak diselamatkan oleh kiper Thibaut Courtois.

Selepas babak pertama berjalan 25 menit, City mulai mendominasi pertandingan. City nyaris unggul di menit 39 lewat sepakan Phil Foden. Tapi Courtois dengan sigap mampu menepisnya. Skor 0-0 bertahan sampai jeda.

Empat menit setelah jeda, peluang emas kembali didapat City. Kali ini lewat Gabriel Jesus, tapi bola masih bisa diantisipasi Courtois.

Sementara Madrid kesulitan menciptakan peluang emas. Mereka lebih banyak mencoba tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Di menit 73, City membuka keunggulan. Bernardo Silva denga dingin memberikan umpan manis kepada Riyad Mahrez. Dengan tenang, Mahrez mampu menaklukkan Courtois.

Gol ini membuat Madrid dalam kondisi sulit. Mereka harus bisa mencetak dua gol untuk menyamakan agregat.

City makin percaya diri dan hampir menambah gol di menit 87 bila saja Courtois tidak menghalau tembakan dari Jack Grealish.

Keajaiban terjadi di menit akhir pertandingan bagi Real Madrid. Laga memasuki menit 90+1, Real Madrid menyamakan skor lewat sontekan Rodrygo meneruskan umpan tarik dari Benzema.

Secara luar biasa, Madrid mencetak gol lagi semenit kemudian. Kembali Rodrygo yang memperdaya Ederson Moraes. Pemuda Brasil ini menyundul umpan Marco Asensio.

Babak Tambahan

Gol kedua Rodrygo ini membuat skor agregat imbang 5-5. Karena tak lagi ada aturan gol tandang, pertandingan pun harus dilanjutkan ke extra time.

Real Madrid makin percaya diri di perpanjangan waktu. Hasilnya mereka mendapat hadiah penalti di menit tiga extra time akibat Benzema dilanggar Ruben Dias.

Benzema sendiri yang maju sebaggai eksekutor sukses memperdaya Ederson guna membawa Madrid unggul 3-1.

Skor 3-1 membuat City yang di ujung tanduk. City mati-matian menekan Real Madrid. Mereka nyaris menyamakan skor di akhir babak pertama extra time. Tapi Courtois tampil cemerlang menepis sundulan Foden. Bola muntah gagal dicocor Fernandinho.

Di babak kedua extra time, City kesulitan menembus pertahanan Real Madrid yang dikawal Eder Militao dan Nacho. Skor 3-1 bertahan sampai 120 menit. Real Madrid pun lolos ke final. (**)

Sumber : Liputan6.com