border="0"

Penanganan Stunting di Parigi Moutong, Pemda Harap Partisipasi Semua Pihak

Rembuk stunting tingkat Kabupaten Parigi Moutong, bertempat di aula Bappelitbangda, Senin (28/3/2022). FOTO : Prokopim.

Noteza.id – Pemda Kabupaten Parigi Moutong melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Tahun 2022, bertempat di aula Bappelitbangda.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Parigi Moutong, Lewis, Senin (28/3/2022).

banner 970x250

BACA JUGA : Pemda Parigi Moutong Gelar Sosialisasi Implementasi Media Edukasi BKB Kit Stunting

Dalam acara itu, Asisten Lewis mengatakan, percepatan penurunan stunting sebagai salah satu kegiatan kualitas daerah yang menjadi program strategis untuk menata kembali pelayanan dasar. Khususnya yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan ibu dan anak, konseling gizi terpadu, air minum dan sanitasi, pendidikan anak usia dini serta perlindungan sosial agar lebih terpadu dan tepat sasaran.

Untuk itu, kegiatan rembuk stunting dilaksanakan sebagai bentuk musyawarah semua pihak dalam rangka menurunkan prevalensi dan intervensi penanganan stunting, dengan tujuan menyampaikan hasil rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi, mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan terintegrasi serta membangun komitmen publik dalam kegiatan pencegahan penurunan stunting secara
terintegrasi.

“Saya berharap kepada bapak ibu dapat mengikuti kegiatan ini secara aktif sehingga informasi yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” katanya, dikutip dari siaran pers Prokopim Parigi Moutong.

BACA JUGA : Bahas Stunting, Irdan : Investasi SDM Adalah Fisik dan IQ

“Antara lain pengkoordinasikan penanganan isu-isu pelaksanaan dan pemanfaatan hasil aksi konvergensi bagi perbaikan perencanaan dan penganggaran daerah, mengidentifikasi langkah kerja bagi penguatan peran dan rencana kerja tim koordinasi serta memahami persiapan yang perlu dilakukan menjelang pelaksanaan penilaian kinerja di Kabupaten Parigi Moutong,” tambahnya.

Di akhir kegiatan, Asisten Lewis menyerahkan penghargaan percepatan penanganan sebagai lokus stunting terbaik dari pemda Parigi Moutong kepada Desa Gio Induk, Kecamatan Moutong, yang berupa plakat kepada perwakilan yakni Kepala Puskesmas Kecamatan Moutong, Yasir Syam.

Dalam acara itu, Asisten Lewis didampingi Kepala Bappelitbangda, Irwan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Yusnaini.

Turut hadir perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Parigi Moutong, perwakilan OPD dan camat se-Kabupaten Parigi Moutong. (BM)