banner 970x250

Parigi Moutong Jadi Tuan Rumah Event Paralayang Internasional, Ini Syaratnya

Paralayang. FOTO : Istimewa.

Noteza.id | Parigi Moutong – Ketua Komite Gantole dan Paralayang Indonesia, Joko Bisowarno mengatakan, sesuai Calender Of Event Pengurus Besar (PB) Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bahwa kegiatan Paralayang tingkat Internasional Gubernur Cup akan digelar di Tinombo Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, tanggal 18 – 20 November 2022 mendatang.

“Kegiatan Paralayang tingkat Internasional di Parigi Moutong tepatnya di Kecamatan Tinombo kami masukan di Kalender Of Event PB FASI dilaksanakan tanggal 18-20 November tahun ini,” ucapnya, dikutip siaran pers Diskominfo Parigi Moutong, Minggu (20/3/2022).

banner 970x250

BACA JUGA : Gubernur Sulteng Jadikan Lagueyas Sebagai Lokasi Pusat Latihan Olahraga

Joko mengatakan, untuk menuju kesitu maka Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong harus mengurus penerapan protokol Kesehatan berbasis sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Selain itu kata Joko, hal tersebut juga harus ada pada Hotel, Restoran, Rumah Makan, Home Stay, Penginapan di lokasi kegiatan Paralayang.

Ketua Komite Gantole dan Paralayang Indonesia, Joko Bisowarno.
FOTO : Istimewa.

“Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan) Environment Sustainability (kelestarian lingkungan)  yang disingkat CHSE, harus ada dalam penyelenggaraan Event Paralayang nanti,” terangnya.

“Auditor atau tim survei akan melihat terlebih dahulu lokasi Paralayang, dan mereka akan menilai apakah memiliki standar kelayakan atau tidak? Hotelnya, Penginapannya, Rumah Sakitnya bagaimana?. Jika memenuhi standar maka akan diberikan Sertifikat CHSE,” tambahnya.

BACA JUGA : Kejurnas Paragliding TROI Air Force Cup 2022 Seri I Resmi Dimulai

Setelah mendapatkan sertifikat CHSE kata Joko maka Pemda Parimo mempublis ke seluruh Dunia melalui agen-agen travel diluar negeri, sehingga wisatawan atau Peserta Paralayang luar Negeri jika mau berkunjung ke Parigi Moutong akan melihat bahwa Parigi Moutong semuanya sudah berstandar CHSE.

“Mereka (wisatawan asing) akan melihat di Parigi Moutong apakah lokasi Paralayang, Hotel, Penginapan dan lain-lain sudah bersertifikat CHSE atau belum?,  jika sudah pasti dia akan datang,” ujarnya. (BM)