banner 970x250

Gunakan 3 Teknologi, 8 dari 50 BTS di Parigi Moutong Telah On Air

Menara BTS yang diresmikan di Tinombo, Selasa (15/3/2022).
FOTO : Prokopim

Noteza.id | Parigi Moutong – Kabupaten Parigi Moutong pada tahun 2021 yang lalu mendapatkan bantuan Base Transceiver Station (BTS) atau tower jaringan yang merupakan infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

Tower BTS sebanyak 50 unit untuk Kabupaten Parigi Moutong merupakan bantuan dari Badan Aksesbilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) yang berstatus Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

banner 970x250

Dari 50 Tower tersebut mencakup untuk 50 desa di wilayah di Kabupaten Parigi Moutong dan proses pembangunanya telah berjalan 75 persen.

Hal itu disampaikan Hariadi, selaku Sitakuisasi dan Perizinan PT Fiberhome Technologies Indonesia Sitak dan Permik Manajer Nasional BAKTI Kemkominfo.

Menurut Hariadi, hingga saat ini, dari 50 Tower bantuan BAKTI, ada 37 Tower telah berdiri dan segera akan dilakukan proses integrasi agar bisa dinikmati oleh masyarakat desa, dan 8 Tower telah on air.

BACA JUGA : 42 Guru Parigi Moutong Terpilih Sebagai Penggerak Program Merdeka Belajar

“Diluar dari 37 ada 8 set Tower sudah on air, dan sudah bisa dinikmati oleh warga Desa dan masyarakat sekitarnya,” ujar Hariadi, dikutip dari siaran pers Diskominfo Parigi Moutong, Selasa (15/3/2022).

“Termasuk yang diresmikan hari ini tower yang ada di belakang Kantor Camat Tinombo. Itu adalah salah satu tower induk yang mencakup keseluruhan tower nantinya di Kabupaten Parigi Moutong,” tambahnya.

Sitakuisasi dan Perizinan PT Fiberhome Technologies Indonesia Sitak dan Permik Manajer Nasional BAKTI Kemkominfo, Hariadi.
FOTO : Diskominfo.

Tower di Parigi Moutong kata dia, merupakan tower baru dengan menggunakan 3 Teknologi integrasi yaitu melalui jaringan fiber optik, jaringan visat langsung Satelit dan jaringan akron.



“Tujuan kami mendirikan tower adalah agar ke depan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong khususnya di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) bisa menikmati internet setara dengan proses pembangunan yang ada di kota-kota besar. Jadi tidak ada lagi istilah blank spot,” ujarnya saat ditemui usai Peresmian Tower/BTS induk di Kantor Camat Tinombo yang diresmikan oleh Bupati Parigi Moutong diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Drs Samin Latandu, Selasa (15/3/2022). (BM)