border="0"

HUT Kecamatan Tomini ke-14, Zulfinasran Usulkan Pembuatan Prasasti Pejuang Pemekaran

Sekretaris Daerah Parigi Moutong, Zulfinasran, S.STP.,M.AP saat menghadiri perayaan HUT Kecamatan Tomini ke-14 Tahun, Selasa (18/1/2022). Dok. Prokopim

Noteza.id | Parigi Moutong – Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran SSTP MAP memberi usulan pembuatan prasasti yang mencantumkan nama-nama pejuang pemekaran Kecamatan Tomini.

Hal itu disampaikannya saat hadir pada perayaan HUT ke-14 Kecamatan Tomini, Selasa (18/1/2022).

banner 970x250

Sekda Zulfinasran yang menjadi inspektur upacara menjelaskan, bahwa para pelaku dan seluruh peristiwa hingga mekarnya Kecamatan Tomini bagian dari sejarah yang harus diabadikan agar selalu dikenang.

“Ke depannya pihak kecamatan bisa membuat prasasti yang menyebutkan nama-nama parah pejuang pemekaran pada saat itu, seperti yang pernah saya lakukan pada saat menjadi Camat Torue pada tahun 2012,” ucapnya.

Menurutnya dengan adanya prasasti tersebut sejarah akan mencatat dan masyarakat akan mengetahui pejuang pemekaran, dan bagaimana dukungan masyarakat pada saat-saat berjuang.

“Dan tidak ada salahnya sejarah yang dibacakan tadi dibuat cetakan buku sejarah terbentuknya Kecamatan Tomini,” tambahnya.

Zulfinasran mengingatkan, 14 tahun perjalanan Kecamatan Tomini merupakan momentum untuk instropeksi bersama, antara pemerintah maupun masyarakat agar bertekad meningkatkan kesejahteraan, kemajuan serta kemakmuran.

“Dari semua kegiatan yang ada di kecamatan tidak terlepas dari peran aktif masyarakat dan pelaku usaha,” ungkap Mantan Camat Parigi Barat  itu.

Berkembangnya sebuah kecamatan kata dia, sangat di tentukan oleh seluruh elemen masyarakat di wilayahnya, sehingga bukan hanya seorang Camat saja, namun harus dibantu perangkatnya serta didukung oleh komponen masyarakat.

“Dengan kerjasama, gotong royong sehingga terciptanya kekuatan dalam suatu kerukunan antara warga yang mampu memberikan kebersamaan yang harmonis,” tandasnya. (BM)