banner 970x250

Pemerintah Kecamatan Parigi Barat Terus Genjot Vaksinasi

Noteza.id | Parigi Moutong – Pemerintah Kecamatan Parigi Barat bersama PKM Lompentodea melakukan Strategi Percepatan vaksinasi melalui himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat di enam desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Parigi Barat .

Hal itu disampaikan oleh Camat Parigi Barat, Sri Nur Rahma SSos MSi. Sri mengatakan, kurang lebih satu minggu, pihaknya melalui tim tracking Covid-19 yang tergabung dari beberapa unsur Pemerintah Desa, PKM Lompentodea, TNI/POLRI yang berada di bawah pengawasan langsung Pemerintah Kecamatan Parigi Barat, terus melakukan pendekatan persuasif untuk mengajak masyarakat agar mau divaksin.

banner 970x250

Sedangkan tim vaksinator baik dari kecamatan maupun di masing-masing desa juga melaksanakan tugasnya secara maksimal.

“Upaya yang dilakukan oleh tim tracer Parigi Barat sangat baik, bekerja dengan sangat luar biasa,” ucap Sri, Jumat (17/12/2021).

Lebih lanjut  kata dia, percepatan vaksinasi tersebut telah dilakukan di dua desa yaitu Desa Air Panas dan Desa Kayuboko, dan sudah berjalan selama satu minggu. Ia menyebutkan bahwa hasil vaksinasi warga setempat khususnya di Desa Air Panas dari jumlah capaian vaksinasi awal sebanyak 11 % dalam sepekan  membludak naik hingga mencapai 56 %, sedangkan untuk Desa Kayuboko  dari capaian 23% meningkat hingga 50%.

Sri menjelaskan, selaku pemerintah kecamatan, pihaknya terus berupaya memberikan edukasi pada warga terkait pentingnya vaksinasi. Upaya tersebut dilakukan melalui sosialisasi dan informasi door to door dan juga terjun langsung di jalan. Selain itu, pihaknya juga membuat jadwal rutin vaksinasi di kantor desa masing-masing.

“Mengenai kendala yang terjadi sampai saat ini belum ada, selaku pemerintah kecamatan dan desa terus selalu memonitor pelaksanan vaksinasi,” tutur mantan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong itu.

“Inshaa Allah, Senin tanggal 20 Desember 2021, kami dari Pemerintah Kecamatan Parigi Barat akan melakukan vaksinasi Covid-19 tahap satu dan dua di Desa Jonokalora dan pelaksanaannya sekaligus pembagian BLT,” tutupnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Parigi Barat, Idham Panggagau SKM. Menurutnya, untuk menciptakan kesadaran dari masyarakat terkait pentingnya vaksinasi Covid-19, pihaknya tanpa kenal lelah memberi himbauan dan sosialisasi. Uniknya sosialisasi yang dibuat menggunakan bahasa daerah setempat. Tim tracking yang dipimpin oleh Kepala PKM Parigi Barat tersebut juga menepis hoax yang banyak beredar di masyarakat terkait penyuntikan vaksin.

Ini kami lakukan karena animo masyarakat terutama di Desa Air “Panas sangat kurang. Seperti data pelaksanaan vaksin untuk masyarakat Desa Air Panas yang kami terima sebelum dilakukan himbauan dan sosialisasi langsung ke pemukiman wwarga sudah divaksin 127 org dari 763 orang wajib vaksin dan yang belum di vaksin 636 orang,” ujar Idham.

Kurang lebih satu minggu mengajak semua masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, maka hasil yang diperoleh terjadi lonjakan sebanyak 326 orang yang sudah divaksin dari wajib vaksin 763 orang, dan hingga saat ini warga yang belum di vaksin tersisa 310 orang.

“Maka, total masyarakat yang sudah divaksin sebanyak 453 atau sama dengan 59% Sampai dengan minggu 12 Desember 2021 yang lalu,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong terus melakukan berbagai upaya untuk mempercepat proses vaksinasi guna mencapai target nasional 70 persen vaksinasi hingga akhir Desember 2021.

Aldryanto
Prokopim Parigi Moutong