border="0"

Dinas Koperasi dan UKM Parigi Moutong Gelar Pelatihan Konveksi

Noteza.id | Parigi Moutong – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Parigi Moutong menggelar pelatihan yang diperuntukan bagi pelaku usaha kelompok rumah tangga sekaligus menyerahkan bantuan bagi pelaku usaha konveksi. Kegiatan itu dilaksanakan di Rana Cafe, Senin (13/12/2021).

Ketua panitia kegiatan, Haris Irawan SP dalam laporannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan manfaat bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya baik secara kuantitas, kualitas, pasar dan peningkatan pendapatan bagi seluruh kelompok.

banner 970x250

Selain itu juga untuk meningkatkan dan mendorong tumbuhnya UMKM di Kabupaten Parigi Moutong.

“Meningkatkan produktifitas UMKM dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat Parigi Moutong,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Diskop UKM Parigi Moutong itu.

Sementara itu, Kadiskop UKM Sofiana SE MAP dalam sambutanya mengatakan, kegiatan tersebut dapat terlaksana atas kerja sama antara pihaknya dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten.

Tujuan lain dari kegiatan pelatihan itu kata dia, untuk memberikan rangasangan bagi pelaku usaha, memberikan keterampilan, dapat meningkatkan pemanfaatan dalam masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan di Parigi Moutong.

Dalam kesempatan itu, Sofiana juga melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM pada tahun 2021 ini telah melaksanakan pelatihan perkoperasian dan sekaligus memberikan reward kepada koperasi yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Selain itu, Sofiana menambahkan pihaknya juga telah melaksanakan pelatihan pembuatan abon ikan yang di laksanakan di pantai Lolaro Kecamatan Tinombo sekaligus memberikan bantuan peralatan, pelatihan di Desa Lebagu sebagai percontohan desa agraria yang diikuti oleh 10 kelompok abon ikan dan pelatihan pembuatan souvenir dari daun nibong. Sofiana menyebut bahwa usai mengikuti pelatihan tersebut semua kelompok langsung di berikan bantuan peralatan.

Sementara itu, Wabup Badrun Nggai dalam sambutannya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini dan menjelaskan bahwa pelatihan itu merupakan salah satu cara yang efektif bagi pelaku UKM, karena pelatihan ini dapat memberikan perubahan yang nyata memfasilitasi dan memungkinkan kelompok-kelompok UKM untuk tumbuh,  memperluas dan mengembangkan kemampuan khususnya di bidang keterampilan menjahit.

Olehnya ia berharap, pelatihan konveksi itu diharapkan dapat memberikan pengetahuan keterampilan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Pada gilirannya akan membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor industri kecil dan mengurangi angka pengangguran serta memberikan nilai tambah bagi kelompok itu sendiri,” jelas Wabup.

Turut hadir dalam kegiatan itu anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong.

Boby Monareh
Prokopim Parigi Moutong