banner 970x250

Hingga 8 Desember 2021, Vaksinasi di Parigi Moutong Mencapai 50,85 Persen

Noteza.id | Parigi Moutong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutongmenggelar pertemuan dalam rangka penyusunan strategis percepatan pencapaian vaksinasi dan penganangan Covid-19.

Pada pertemuan itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong Asmarafia SSi APt melaporkan kegiatan tersebut bertujuan untuk membuat kesepakatan dan strategi dalam percepatan pencapaian target vaksinasi sampai akhir bulan Desember 2021 sebesar 70% dan juga memastikan ketersediaan vaksin yang dibutuhkan

banner 970x250

Fia sapaan akrabnya menjelaskan, sesuai data, persentase vaksinasi Covid-19
di Kabupaten Parigi Moutong per tanggal 8 Desember 2021 sudah mencapai angka 50,85 persen.

“Sesuai data yang ada sama kami pertanggal 8 desember 2021 sudah mencapai 50,85 persen,” ujarnya pada pertemuan yang digelar di aula hotel Anutapura Parigi, Kamis (9/12/2021).

Dari 23 kecamatan, yang paling tertinggi capaian vaksinasinya adalah Kecamatan Balinggi dengan yakni sebanyak 78,16 persen. Sedangkan capaian terendah di Kecamatan Toribulu dengan capaian vaksianasi 27,95 persen.

Ia meneyampaikan, proses vaksinasi saat ini terus ditingkatkan setiap harinya oleh pihaknya dengan melakukan mobilisasi kepada warga.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Parigi Moutong, Drs Samin Latandu saat memberikan sambutan mengatakan, vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu langkah kursial yang menentukan kesuksesan pemerintah untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

Untuk mencapai herd immunity kata Samin, dibutuhkan 70% atau sekitar 323.177 penduduk Parigi Moutong yang harus divaksinasi. Ia menyebut semakin cepat vaksinasi mencapai target, maka akan semakin baik.

“Parigi Moutong diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan contoh langkah kongkrit untuk pencapaian kekebalan komunal berbasis wilayah atau pulau,” ucap Samin.

Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah akan memaksimalkan fungsi fasilitas pelayanan kesehatan dan sentra vaksinasi dengan menambah lokasi dan tim vaksinator agar 70 persen penduduk di wilayah Kabupaten Parigi Moutong dapat tervaksinasi di bulan Desember 2021.

Ia juga berharap kepada seluruh kecamatan yang persetase vaksinasinya masih rendah agar terus menggencarkan sosialisasi  kepada masyarakat agar bisa melakukan vaksinasi.

Taswan
Prokopim Parigi Moutong