banner 970x250

Pawai Siswa di Parigi Moutong Meriahkan Hari Pahlawan dan Mengenang Perjuangan Tombolotutu

Noteza.id | Parigi Moutong – Wakil Bupati (Wabup) H Badrun Nggai SE mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong yang telah melaksanakan kegiatan pawai bagi siswa dan sekolah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021.

Kegiatan pawai itu dilaksanakan sekaligus mengenang kembali perlawanan Tombolotutu dalam menghadapi penjajah serta sebagai bentuk kebanggaan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong dimana Tombolotutu pada tahun ini oleh presiden RI menjadi satu-satunya Pahlawan Nasional yang berasal dari Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 109 dan 110 TK Tahun 2021 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa.

banner 970x250

“Kegiatan seperti ini merupakan sebuah langkah yang sangat positif dilakukan dimana mengenalkan kepada para generasi-generasi muda akan pentingnya menghormati dan menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan menghormati jasa pahlawan,” tutur Wabup.

“Kita harus berterima kasih pada para pahlawan, yang memungkinkan kita setiap hari menghirup suasana yang merdeka, dapat belajar dan bekerja dalam suasana kebebasan,” tambahnya.

Badrun Nggai juga menghimbau agar para peserta dapat mengikutinya dengan baik dan tetap melakukan protokol kesehatan dan ketentuan lainya mengingat kita masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Selamat kepada raja tombolututu yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional tentunya ini menjadi kebanggaan kita tersendiri dimana penganugrahan pahlawan nasional salah satunya berasal dari daerah yang sama kita cintai ini,” ujarnya.

“Penganugrahan raja Tombolotutu sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah pusat menjadi sejarah tersendiri bagi pemerintah Sulawesi Tengah dalam mengusulkan tokoh daerah pahlawan nasional yang berasal dari Sulawesi Tengah,” pungkasnya.

Boby Monareh
Prokopim Parigi Moutong