banner 970x250

Berukuran Lebih Besar dari Ikan Susi Pudjiastuti, Hiu Paus di Gorontalo Dinamai Sandiaga Uno

Noteza.id | Gorontalo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo selama 2 hari sejak Sabtu (6/11/2021).

Salah satu kunjungan Sandiaga untuk melakukan visitasi penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Pria berdarah Gorontalo itu juga meresmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge, Kecamatan Tapa dan menyempatkan diri mengeksplor wisata hiu paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

banner 970x250

Saat berada di lokasi wisata itu, pemerintah setempat melalui Bupati Bone Bolango Hamim Pou pun menamai seekor hiu paus dengan nama Sandiaga Salahudin Uno. Ya, seekor hiu paus yang dinamai seperti nama Menparekraf itu memiliki panjang 6,2 Meter.

Penamaan hiu paus di Gorontalo bukan kali ini saja. Sebelumnya pada tahun 2016, seekor hiu paus diberi nama Susi Pudjiastuti tatkala mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu berkunjung ke lokasi wisata hiu paus Botubarani. Hiu paus Susi memiliki panjang 5,1 Meter.

“Menurut pak Iman, Ikan Sandi panjangnya 6,2 Meter, ikan Susi 5,1 Meter. Mohon maaf ibu Susi (Pudjiastuti), kali ini di Teluk Tomini kami mengungguli,” ucap Sandiaga.

Sebelumnya di wisata hiu paus Botubarani, Menparekraf Sandiaga Uno melakukan snorkeling bersama komunitas whale shark Gorontalo untuk melihat langsung hiu paus. Menparekraf juga mengikuti podcast bersama Isal Gorapu, Youtuber Gorontalo, yang disiarkan melalui media sosial Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika Provinsi Gorontalo.

Boby Monareh
Humas Provinsi Gorontalo