border="0"

10 November 2021, Tombolotutu Resmi Sandang Gelar Pahlawan Nasional

Noteza.id | Parigi Moutong – Tokoh pejuang Provinsi Sulawesi Tengah Tombolotutu mendapat gelar pahlawan nasional dari Presiden Jokowi Widodo. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Dewan Kehormatan Gelar, Mahfud MD. Ia mengumumkan, selain Tombolotutu, Pemerintah juga akan memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada tiga tokoh lainnya dari provinsi yang berbeda.

“Pada 10 November tahun ini pemerintah dalam hal ini Presiden sudah memberikan keputusan untuk memberi gelar pahlawan kepada empat pejuang yang menginspirasi untuk membangun Indonesia yang merdeka dan berdaulat dan atau ikut berjuang untuk memajukan Indonesia. Sehingga kemerdekaan itu lebih bermakna bagi bangsa dan negara untuk tahun ini ditetapkan empat orang yang diberikan atau dianugerahi berdasarkan keputusan Presiden,” kata Mahfud dalam konferensi pers di Aula Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (28/10/2021). 

banner 970x250

“Kriterianya banyak, harus pernah berjuang, melahirkan apa-apa yang bermanfaat bagi masyarakat. Banyak syaratnya, tetapi yang keempat ini paling menonjol karena yang diajukan ratusan dan semuanya baik, maka pemerintah kali ini mengutamakan selain ketokohan,” tambahnya.

Mahfud menerangkan, hingga saat ini Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Kalimantan Timur (Kaltim) belum memiliki Pahlawan Nasional. Ia pun menyebut mengesampingkan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Nonton Videonya Disini : Konferensi Pers Pemberian Gelar Pahlawan Nasional

“Sampai dengan saat ini Sulteng belum mempunyai Pahlawan Nasional. Kemudian Kaltim juga belum punya. Kaltara kita kesampingkan dahulu karena baru merdeka sehingga pahlawannya belum teridentifikasi. Sulteng dan Kaltim adalah provinsi yang ada sejak awal Indonesia merdeka meskipun juga melalui pemekaran provinsi, jadi dari daerah itu ada pahlawan. Kemudian dari Jakarta ada Tokoh Perfilman, dan satu dari Banten pahlawan nasional tahun ini,” tuturnya.

Mahfud juga mengatakan bahwa penyerahan resmi gelar Pahlawan Nasional akan dilaksanakan pada 10 November, bertepatan dengan Hari Pahlawan di Istana Bogor.

“Nah itu Pahlawan Nasional yang nanti akan diserahkan secara resmi kepada keluarga para almarhum di Istana Bogor. Kalau tidak berubah persis pada hari Pahlawan 10 November,” ucapnya.

Berdasarkan keputusan presiden RI NO 109/TK/2021 tentang penganugerahan gelar Pahlawan Nasional. Keempatnya sebagai berikut: 

1. Almarhum Tombolotutu, tokoh dari Provinsi Sulteng.

2. Almarhum Sultan Aji Muhammad Idris, tokoh dari Provinsi Kaltim.

3. Almarhum Haji Usmar Ismail, tokoh dari Provinsi DKI Jakarta.

4. Almarhum Raden Arya Wangsakarsa, tokoh dari Provinsi Banten.


Boby Monareh