banner 970x250

Bupati Samsurizal Kembali Singgung Pemekaran DOB Moutong dan Tomini Raya

Noteza.id | Parigi Moutong – Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu terus berusaha agar terwujud Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) yaitu DOB Tomini Raya dan DOB Moutong. 

Samsurizal berharap, dengan masih diberlakukannya Moratorium Parsial, maka tidak dimaknai sebagai jalan buntu, tetapi terus berjuang hingga keran pemekaran DOB dibuka oleh Pemerintah pusat.

banner 970x250

“Kita berharap moratorium parsial jangan dimaknai jalan buntu, tetapi terus berusaha agar keran pemekaran dibuka oleh Pemerintah Pusat, tentunya tidak lepas dari peran seluruh srakeholder di daerah ini utamanya dukungan politik dan masyarakat,” jelas Samsurizal, Jum’at (1/10/2021).

Bupati Menerangkan, tujuan untuk pembentukan daerah otonomi baru adalah mensejahterakan masyarakat dan mendekatkan pelayanan publik. Sehingga kata ia strategi perjuangan adalah jalur, bottom up (dari bawah ke atas) dan top down (dari atas ke bawah) sesuai dengan Undang-Undang nomor 23 tentang Pemerintahan Daerah.

“Perlunya Pollitical will, (keinginan politik) untuk menggunakan hak politik melalui pembentukan daerah otonomi baru yang langsung diinisiasi top down melalui Pemerintah Pusat,” ujarnya. 

Boby Monareh
Diskominfo Parigi Moutong