banner 970x250

Tanam Jagung di Donggulu, Gubernur Minta Lahan Kosong Dimanfaatkan

Noteza.id | Parigi Moutong – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H Rusdy Mastura memulai penanaman perdana jagung yang difasilitasi oleh Koperasi Produsen Relawan Merah Putih (RMP) Indonesia Mandiri di Desa Donggulu, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu (25/9/2021).

Penanaman itu juga menindaklanjuti MoU antara Pemprov Sulteng dengan BRI terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai 5 Triliun kepada petani dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

banner 970x250

Ketua Koperasi RMP, Mahfud Masuara melaporkan, jagung yang ditanam pada lahan seluas 4 hektar itu menjadi pilot project dari total 25 hektar lahan yang dipersiapkan.

Tidak hanya di Parigi Moutong, beberapa Kabupaten lain seperti Buol, Sigi dan Donggala juga akan segera ditanami jagung, masing-masing 25 hektar setiap Kabupaten.

“Koperasi RMP menjadi bagian tidak terpisahkan dalam pemberdayaan ekonomi dan membantu program pemerintah,” ujar Mahfud.

Dukungan KUR dari pihak BRI juga diharapkan dapat memicu pertumbuhan usaha petani di Parigi Moutong khususnya lewat budidaya jagung.

“Luar Biasa Pak gubernur sudah membuka ruang-ruang bagi kami bersinergi dengan pemerintah daerah,” ungkap Pimpinan Cabang BRI Palu Rits De Fretes yang turut hadir dalam Kegiatan tersebut.

Sementara itu, Gubernur Rusdy Mastura mendorong petani mengakses KUR dengan kelebihannya berupa bunga murah dan tanpa agunan.

“(KUR) ini langsung ke rakyat, rakyat kerja, rakyat jual ada off taker yang membelinya,” jelasnya.

Cudi sapaan akrabnya juga mengajak perusahaan daerah supaya ikut ambil bagian sebagai off taker.

Bahkan setelah mengamati lahan di Desa Donggulu, ia meminta supaya lahan-lahan kosong yang terhampar luas diberdayakan untuk pertanian.

Cudi mendorong semua pihak agar mau berpikir besar, memulai dari yang kecil dan gerak cepat menggarap potensi-potensi lokal untuk kesejahteraan rakyat.

“Think big, start small, move fast,” pungkasnya.

Sejumlah pejabat Pemprov Sulteng hadir mendampingi Gubernur, diantaranya Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikultura Trie Iriany Lamakampali, Kadis Pangan Abdullah Kawulusan, Kadis Perkebunan Maya Malania Noor, Kadis Koperasi dan UMKM Eda Nur Ely, Kadis Bina Marga Syaifullah Djafar, Pelaksana Tugas (Plt) Staf Ahli Gubernur Rohani Mastura, Plt Karo Administrasi Pimpinan Edy Nicolas Lesnusa, dan Tenaga Ahli Bidang Ekonomi dan Investasi Ronny Tanusaputra, beserta pengurus perusahaan daerah.

Boby Monareh