banner 970x250

Bupati Samsurizal : Mari Sukseskan Program Vaksinasi

Noteza.id | Parigi Moutong – Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu, yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten membuka rapat koordinasi tentang Penanganan Covid-19 dan Pelaksanaan Percepatan Vaksinasi yang berlangsung di Resort Lolaro, Tinombo, Rabu (1/9/2021).

Bupati Samsurizal, dalam kesempatan itu, memberikan arahan bahwa bentuk perhatian seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , Camat, Kepala Puskesmas (Kapus) , dan seluruh komponen yang terkait, harus lebih meningkatkan kinerja dalam penanganan Covid-19.

banner 970x250

“Covid-19 adalah permasalahan serius yang harus kita selesaikan secara bersama dengan stakeholder yang ada,” ujar Samsurizal.

Selain itu kata Samsurizal, satgas harus lebih bertanggung jawab dengan tugas-tugasnya, khususnya pelaksanaan vaksinasi yang diprogram pemerintah kepada masyarakat.

“Semua komponen yang ada secara bersama dengan rasa tanggungjawab dan tugasnya untuk melakukan percepatan dalam penanganan Covid-19 ini dan mari kita sukseskan program nasional dalam hal pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Idran ST MPW, menjelaskan bahwa program vaksinasi dalam penanganan Covid-19 harus terus di lakukan dan perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya yaitu :

Selalu tracking atau melakukan tes kesehatan sehingga kita dapat mengenal gejala penyakit. Selain itu, dilakukan juga pencegahan dini yaitu dengan vaksinasi baik sinovak maupun moderna.

Kalak BPBD yang juga Wakil Sekretaris Satgas Covid 19 Parigi Moutong itu, menghimbau kepada seluruh camat, maupun kades, untuk berpartisipasi mendorong masyarakatnya untuk melakukan vaksin, karena kata Idran, target vaksin dalam sehari adalah 300 vaksin dan vaksinasi yang diprogramkan akan dilakukan sampai di bulan Desember 2021.

“Mari kita gunakan waktu yang tinggal empat bulan kedepan malakukan vaksin bersama pemerintah daerah, kecamatan dan masyarakat” tandasnya.

Sementara Elen Ludia Nelwan SKM selaku Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong, menjelaskan, bahwa penanganan vaksinasi dari bulan februari 2021 hingga sekarang, sudah dilakukan dengan maksimal oleh Puskesmas dan seluruh perangkatnya yang ada dimasing-masing kecamatan.

Namun kata dia, diperlukan dukungan oleh segenap camat se-Kabupaten Parigi Moutong, untuk dapat berpartisipasi menyampaikan atau memberi dorongan kepada masyarakatnya agar mau melakukan vaksinasi.

Boby Monareh
Prokopim Setda Parigi Moutong