border="0"

Optimalkan Penanganan Covid-19, Pemprov Sulteng Gelar Lomba Inovasi Posko Desa dan Kelurahan

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura./Foto : Biro Adpim Setdaprov Sulteng

Noteza.id | Palu – Untuk memotivasi Pemerintah Desa/Kelurahan dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) rencananya akan mengadakan lomba Posko Desa/Kelurahan inovatif dalam penanggulangan COVID-19.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura sebagai upaya percepatan pengentasan Covid-19 menuju Sulawesi Tengah Zona Hijau atau PPKM Level 1, Jumat (20/8/2021).

banner 970x250

Sebagai bentuk apresiasi dalam lomba tersebut, Gubernur menyediakan hadiah berupa 13 unit sepeda motor yang akan diserahkan kepada 13 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah. Setiap Kabupaten akan ada 1 desa yang menjadi pemenang dan berhak mendapat 1 unit sepeda motor.

Sedangkan untuk penilaian dalam lomba itu, Gubernur Cudi menuturkan akan dilakukan oleh masing-masing Bupati dan Walikota, tentunya dengan kriteria dan poin-poin penilaian yang telah ditentukan.

“Yang menilai Posko Desa/Kelurahan yang paling inovatif adalah Bupati/Walikota sehingga apresiasinya akan diserahkan langsung ke Kepala Desa atau Lurah, dengan indikator penilaian meliputi fungsi pencegahan, fungsi penanganan, fungsi pembinaan dan dukungan,” ucap Gubernur.

Dalam proses penanganan Covid-19 di Sulteng, Gubernur mengatakan harus ada kolaborasi semua pihak, maka keterlibatan Pemerintah Desa / Kelurahan sangat dibutuhkan karena mereka garda terdepan dalam hal mengimbau dan mengajak masyarakat mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

“Terobosan ini kita lakukan agar pelaksanaan Instruksi Mendagri dan Surat Edaran Gubernur mengenai Posko Desa/Kelurahan lebih optimal lagi di Sulawesi Tengah,” terangnya.

Boby Monareh
Biro Adpim Setdaprov Sulteng