banner 970x250

Banjir Rendam Desa Sibalago dan Sienjo, 109 KK Terisolir

Jembatan putus akibat banjir di Desa Sibalago. Foto : SIBIMO

Noteza.id | Parigi Moutong – Hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (10/7/2021)) hingga minggu (11/7/2021) di Desa Sienjo dan Desa Sibalago memicu terjadinya luapan sungai yang kemudian menyebabkan bencana banjir yang merendam dua desa di Kecamatan Toribulu itu.

Berdasarkan laporan diterima oleh Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong, jembatan penghubung dusun 3 dan dusun 4 Desa Sibalago putus diterjang banjir, hal itu mengakibatkan sebnayak 109 KK terisolir.

banner 970x250

“Untuk Desa Sienjo sekitar 30 Hektar sawah yang baru ditanami terendam dan 12 KK rumahnya terendam” ujar Rahman, salah satu anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Parigi Moutong.

Hasil Asesmen dilapangan, selain perbaikan jembatan, normalisasi sungai sangat dibutuhkan oleh masyarakat di dua desa tersebut.

“Masyarakat sudah berangsur-angsur kembali ke rumah setelah sempat mengungsi,” kata Rahman dikutip dari SIBIMO, aplikasi Kebencanaan Kabupaten Parigi Moutong.

Laporan kejadian bencana banjir itu telah diteruskan ke pimpinan BPBD Parigi Moutong untuk langkah-langkah penanganan selanjutnya.

Di samping itu, masyarakat juga diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan, membangun upaya mitigasi bencana dan selalu memperbarui perkembangan informasi prakiraan cuaca dengan mengakses aplikasi BMKG, InaRisk BNPB maupun aplikasi SIBIMO untuk masyarakat yang ingin mengetahui data bencana di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

M. Taswan